Jelang Mudik Lebaran 2024, Pengemudi Bus di Terminal Kota Bekasi Dipastikan Negatif Narkoba

Jelang Mudik Lebaran 2024, Pengemudi Bus di Terminal Kota Bekasi Dipastikan Negatif Narkoba

Suasana di jalur keberangkatan di terminal bus Kota Bekasi-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

FIN.CO.ID - Pengemudi Bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) di Terminal Bus Kota Bekasi menjalani tes narkoba, sebelum mengantar para pemudik ke kampung halaman.

Subkor Kesehatan Kerja Dinkes Kota Bekasi, Dudung Abdul Wahid mengungkapkan, tidak ditemukan adanya pengemudi bus yang positif narkoba.

"Alhamdulillah kalau hasilnya negatif, semuanya tidak ada yang menggunakan narkoba dan sehat semuanya," ungkap Dudung Abdul Wahid, Jumat 5 April 2024.

Menurutnya, pemeriksaan seluruh pengemudi bus dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi bekerja sama dengan Pengelola Terminal Bus Kota Bekasi.

BACA JUGA :

"Antisipasi mudik lebaran ya, karena ekskalasi ke kampung semakin meningkat, kita melakukan pemeriksaan terhadap pengemudi ataupun kernetnya," jelasnya.

Dudung Abdul Wahid mengatakan, pengemudi bus juga menjalani tes kesehatan, guna memastikan tidak ada yang sakit selama bertugas mengantar para pemudik.

"Untuk hari ini 100 yang disiapkan, pengecekan tensi, gula darah, periksa urine narkoba, kolestrol, dan asam urat," ucapnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, terdapat beberapa pengemudi bus yang kini dalam kondisi tidak sehat dan disarankan untuk beristirahat.

BACA JUGA :

"Ada beberapa yang gula darahnya tinggi, namun masih dalam batas dan layak belum parah, misalnya gula darah tinggi diatas batas normal, kita meminta untuk berisitirahat terlebih dahulu," tuturnya 

Terpisah Kepala Terminal Bus Kota Bekasi, Hermawan mengatakan, seluruh pengemudi bus telah menjalani tes kesehatan guna menjaga keselamatan selama berkendara.

"Yang tes kesehatannya bagus atau memenuhi syarat bisa beroperasi lagi, dan yang tidak kita sarankan dan sampaikan ke POnya agar segera berobat atau istirahat," kata Hermawan.

Tercatat sebanyak 124 unit bus AKDP dan 115 unit bus AKAP, akan bertugas melayani keberangkatan seluruh penumpang selama mudik lebaran 2024.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: