Kasus DBD di Serang Meningkat, Dinkes: Berantas Sarang Nyamuk dan Kesadaran Masyarakat Penting

Kasus DBD di Serang Meningkat, Dinkes: Berantas Sarang Nyamuk dan Kesadaran Masyarakat Penting

Memahami Tanda dan Gejala DBD yang Perlu Diperhatikan-Sumber: FIN/PINTEREST-

FIN.CO.ID - Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Serang, Banten, mengalami peningkatan. Hal itu diduga karena dampak musim hujan yang melanda Kota Serang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang Ahmad Hasanuddin mengatakan, kasus DBD mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada saat musim hujan dari Januari sampai Maret 2024. Tercatat Januari 44 kasus DBD, Februari sekitar 54 kasus, dan Maret ini sudah mencapai 125 kasus.

 BACA JUGA:

"Peningkatan ini terjadi pada saat memasuki musim penghujan kemarin," kata Hasanuddin di Serang, Banten, Jumat 29 Maret 2024.

Dari 125 warga yang terkena DBD sebagian besar mendapatkan perawatan di rumah sakit tak terkecuali di RSUD Kota Serang. Dinkes Kota Serang telah menginstruksikan seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat secara berkesinambungan sebagai upaya pencegahan.

Menurutnya, masyarakat harus sadar dan melakukan pemberantasan sarang nyamuk secara mandiri. Sebab, dalam memberantas DBD bukan hanya tanggung jawab dari Pemerintah, tetapi masyarakat juga harus berperan aktif dalam melaksanakannya.

"Pemberantasan sarang nyamuk dan kesadaran masyarakat itu penting, karena kalau hanya dengan pengasapan atau fogging saja itu tidak maksimal untuk memberantas hingga ke jentik nyamuknya," kata Hasanuddin.

Maka dari itu masyarakat, kata dia, perlu melakukan gerakan 3M Plus yaitu dengan cara menguras, mengubur, dan menutup tempat-tempat penampungan air bersih agar tidak menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti.

"Saya yakin kalau masyarakat sudah melakukan pemberantasan sarang nyamuk secara mandiri pasti kasus DBD di Kota Serang menurun," pungkasnya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: