Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Menggunakan Mobil Pribadi

Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Menggunakan Mobil Pribadi

Jangan paksakan diri tetap menyetir saat mulai mengantuk. Sumber foto: google --

-Stability Control: berfungsi untuk mengembalikan kondisi mobil saat kehilangan kendali.

-Airbag: pelindung ketika terjadi kecelakaan.

-Safety Belt: melindungi dan menahan tubuhmu saat terjadi benturan keras.

3. Pastikan posisi berkendara nyaman

Kalau yang satu ini, sudah menjadi hal wajib untuk semua pengemudi, yaitu kenyamanan. Faktor kenyamanan berkendara bisa bermacam-macam. Kamu dapat mengatur posisi kemudi yang dinamakan tilt dan telescopic. Tilt berfungsi untuk mengatur naik turun kemudi, sedangkan telescopic berguna untuk mengatur maju mundur kemudi.

Selanjutnya terletak pada posisi kursi mobil yang kamu duduki. Kamu dapat mengatur sandaran dan posisi jok yang bisa menambah nyaman saat perjalanan.

Satu lagi, menentukan suhu air conditioner (AC) agar perjalananmu semakin berkesan dan tidak kepanasan.

4. Persiapkan kebutuhan lain

Jangan lupa perhatikan beberapa kebutuhan lain sebelum melakukan perjalanan. Seperti air mineral, bensin dan e-toll.

Pastikan bensinmu sudah terisi penuh sebelum melakukan perjalanan. Karena, jika bensin menipis dan dibarengi dengan situasi rest area yang penuh, itu hanya akan menambah panjang durasi perjalananmu.

Kamu juga harus menghitung berapa tarif yang dibutuhkan hingga sampai ke tempat tujuan. Jangan sampai saat keluar tol, ternyata saldo kartu e-toll mu tidak cukup dan membuat kemacetan di gerbang tol.

5. Mengetahui kondisi rute yang dilalui

Kamu pasti bete kalau lagi asyik-asyiknya mudik menuju kampung halaman, tiba-tiba dihadapkan pada situasi macet. Ketika sudah mulai jengkel dan naik darah, baru ingat kalau kamu sedang menjalani puasa.

Lalu, bagaimana solusinya? Nah, sebelum memulai perjalanan, alangkah baiknya kamu cek dahulu kondisi jalan yang akan dilalui menggunakan aplikasi penunjuk arah. Kamu dapat mengetahui ruas mana saja yang terdapat hambatan hingga memberikan informasi rute tercepat.

6. Jangan ngebut saat menyetir mobil

Jangan mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi. Selain membahayakan diri sendiri, juga mengancam keselamatan pengendara lain. Apalagi, jika diberlakukan sistem satu arah. Dikhawatirkan pengemudi akan memacu kendarannya di atas rata-rata.

Perlu dicatat nih untuk pengendara mobil, momen mudik harus dijadikan sebagai ajang penuh suka. Jadi, persiapkanlah dengan baik agar kamu bisa sampai tujuan dengan aman.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: