Berikut Cara Daftar KIP Kuliah UTBK-SNBT 2024 dan Persyaratan yang Dibutuhkan

Berikut Cara Daftar KIP Kuliah UTBK-SNBT 2024 dan Persyaratan yang Dibutuhkan

Pendaftaran seleksi UTBK-SNBT KIP Kuliah dibuka hingga tanggal 5 April 2024 dengan persyaratan yang telah ditentukan.-FOTO/PIXABAY-COM-pixabay

FIN.CO.ID - KIP Kuliah adalah program dari pemerintah Indonesia bertujuan untuk mendukung siswa lulusan SMA atau sederajat yang berprestasi namun menghadapi keterbatasan ekonomi yang rendah.

Peserta KIP Kuliah dapat mendaftar melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024.

Pendaftaran KIP Kuliah untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) sudah dibuka sejak Kamis tanggal 21 Maret 2024.

Tim Teknis KIP Kuliah Sony H Wijaya menyampaikan, program tersebut dibuka untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui perguruan tinggi.

"Pendaftaran seleksi UTBK-SNBT KIP Kuliah dibuka hingga tanggal 5 April 2024 sore pukul 15.00 WIB," katanya.

BACA JUGA:Siapkan Berkas! Pendaftaran KIP Kuliah 2024 untuk jalur UTBK-SNBT Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftar

Nanti penerima KIP Kuliah akan mendapatkan biaya pendidikan yang disalurkan langsung ke perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup yang ditransfer ke rekening mahasiswa setiap enam bulan sekali.

Adapun besaran bantuan biaya hidup disesuaikan dengan indeks harga lokal, berkisar antara Rp. 800 ribu hingga Rp. 1,4 juta per bulannya.

Berikut ini cara mendaftar KIP Kuliah jalur SNBT tahun 2024.

1. Peserta harus mendaftar secara mandiri melalui situs resmi KIP Kuliah di 'kip-kuliah.kemdikbud.go.id' atau melalui aplikasi KIP Kuliah yang tersedia.

2. Calon peserta akan diminta untuk mengisi data pendaftaran yang meliputi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), serta alamat email yang valid dan aktif.

BACA JUGA:KIP Kuliah 2024: Pengertian, Kriteria Penerima, dan Cara Daftar

3. Sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi data NIK, NISN, dan NPSN, serta menguji kelayakan calon peserta untuk mendapatkan KIP Kuliah tersebut.

4. Jika proses validasi berhasil, sistem akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang telah didaftarkan oleh calon peserta.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Aulia Yesella

Tentang Penulis

Sumber: