Sebaik-baiknya Buka Puasa di Awal Waktu, Berikut Jadwalnya!

Sebaik-baiknya Buka Puasa di Awal Waktu, Berikut Jadwalnya!

Buka puasa bersama. Sumber foto: pinterest--

FIN.CO.ID - Bulan suci Ramadan memiliki banyak keutamanan di banding 11 bulan lainnya. Bulan Ramadan adalah bulan umatnya Nabi Muhammad menjalankan perintah Allah SWT untuk menjalankan ibadah puasa.

Perintah puasa ini langsung dari Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 183:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ ۝١٨٣

yâ ayyuhalladzîna âmanû kutiba ‘alaikumush-shiyâmu kamâ kutiba ‘alalladzîna ming qablikum la‘allakum tattaqûn

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

BACA JUGA:

Esensi puasa tidak hanya menahan haus dan lapar dari subuh hingga magrib tapi menahan atau mengendalikan diri. Pengendalian ini diperlukan oleh manusia, baik secara individu maupun kelompok. Latihan dan pengendalian diri itulah esensi puasa.

Bahkan, ketika waktunya berbuka puasa atau azan maghrib, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk segera berbuka puasa. Karena, sebaik-baik berbuka puasa adalah di awal waktu.

Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang diriwayatkan dari  Anas bin Malik radhiyallahu’anhu sebagai berikut:

بَكِّرُوْا بِالإفْطَارِ، وَأَخِّرُوْا السَّحُوْرَ

Artinya: Segerakanlah berbuka dan akhirkanlah sahur.

Dilansir dari laman resmi Kemenag di https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah, berikut jadwal buka puasa di Jakarta dan sekitarnya hari ini, Sabtu 23 Maret 2024:

BACA JUGA:

Imsak : 04.32 WIB

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: