HUT PPNI ke-50, Mungkinkah Kesejahteraan Perawat Seperti di Amerika Serikat?

HUT PPNI ke-50, Mungkinkah Kesejahteraan Perawat Seperti di Amerika Serikat?

HUT PPNI ke-50 Mungkinkah Kesejahteraan Perawat Seperti di Amerika Serikat-fin/diolah-

FIN.CO.ID - Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) genap berusia 50 tahun. Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadhilla berharap, kesejahteraan perawat di Indonesia dapat seperti di Amerika Serikat. 

"Di Amerika, perawat menjadi profesi yang dihargai tinggi. Bahkan di Amerika, perawat itu salah satu yang disebut dengan the most favorit profesion. Ini bisa dilihat dari kesejahteraannya yang juga sangat tinggi," kata Harif, di Jakarta, Minggu, 17 Maret 2024.

Menurutnya,  pengusaha pemilik fasilitas kesehatan (faskes) di Indonesia belum sepenuhnya menggangap perawat sebagai profesi profesional. Hal ini, menjadi tantangan utama PPNI dalam menyuarakan kesejahtaran perawat.

BACA JUGA:

"Kenapa ini kami jadikan sebuah tujuan dari perjuangan, karena kita ini adalah profesi yang diapresiasi tinggi. Perawat itu adalah suatu profesi yang memang dihargai cukup tinggi ya, khususnya di negara maju," ujarnya.

Ke depan, lanjut Harif, PPNI akan terus menjadi wadah mengembangkan profesi perawat. Menurutnya, pendidikan keperawatan saat ini sudah cukup maju dibanding sebelumnya.

"Kita melihat profesi dari tiga aspek, yang pertama dari pendidikan indikatornya. Pendidikan keperawatan saat ini sudah cukup maju, walaupun masih ada D3, tetapi sistem pendidikannya sudah sistem pendidikan tinggi," paparnya. 

BACA JUGA:Utang Perawatan Pasien Covid-19 Capai Rp23 Triliun

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: