Pilot Pesawat Smart Aviation yang Jatuh Ditemukan Selamat

Pilot Pesawat Smart Aviation yang Jatuh Ditemukan Selamat

Sebuah pesawat jenis Pilatus milik maskapai Smart Air dengan rute tarakan-Binuang dilaporkan hilang kontak.-FOTO: Dok/smartaviation-

FIN.CO.ID - Pilot pesawat Smart Aviation yang jatuh di Tarakan, Kalimantan Utara ditemukan selamat.

Capt M Yusuf (29), yang merupakan pilot pesawat Pilatus PC-6 Porter PK-SNE milik maskapai penerbangan Smart Aviation ditemukan selamat di Binuang, pada Minggu, 10 Maret 2024.

Diketahui puing pesawat kargo Smart Air yang hilang kontak telah ditemukan. Pilot pesawat juga diduga selamat.

Tim SAR menemukan adanya tanda-tanda sosok yang melambaikan saat pemantauan via udara.

"Ada lambaian tangan dari bawah, itu pada pukul 12.43 Wita hari ini siang tadi," kata Kapolsek Krayan Selatan Ipda Andi Iwan.

BACA JUGA:

Namun Iwan belum memastikan sosok yang melambaikan tangan itu merupakan pilot dan satu teknisi pesawat Smart Air. Sebab, tim evakuasi belum turun di titik lokasi.

"Terlihat ada korban yang masih hidup dan diduga pilotnya yang hidup. Tapi untuk memastikan apakah benar itu pilot yang hidup kami belum bisa memastikan. Informasi belum pasti, karena kami terputus juga dengan komunikasi tim yang ada di sana karena keterbatasan jaringan," sambung Iwan.

Polri Turun Tangan

Sebelumnya Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pesawat kargo perintis milik Smart Air dengan rute Tarakan-Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), hilang kontak pada Jumat 8 Maret 2024 hingga kini masih tahap pencarian.

Bahkan, Polri turut membantu pencarian pesawat kargo milik maskapai Smart Air yang hilang kontak (lost contact) di Kaltara.

BACA JUGA:

"Menurut informasi dari Kapolres Nunukan bahwa anggota Polsek Krayan Selatan sudah diberangkatkan pada Jumat (8 Maret 2024) untuk melakukan pencarian ke lokasi yang diduga pesawat terbang Smart Air terjatuh," kata Trunoyudo.

Jenderal polisi bintang satu ini menjelaskan, pesawat kargo milik PT Smart Aviation, tipe PC 6 (Pilatus Porter) Registrasi PK-SNE, rute Tarakan-Binuang mengalami hilang komunikasi setelah takeoff dari Tarakan pukul 08.25 WITA yang estimasi mendarat di Binuang pukul 09.25 WITA.

Sampai saat ini, kata dia, pesawat yang membawa kargo perintis APBN belum diketahui posisinya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: