Jokowi Log In Golkar? Bamsoet Beri Lampu Hijau

Jokowi Log In Golkar? Bamsoet Beri Lampu Hijau

Presiden Jokowi-Sekretariat Presiden -Sekretariat Presiden

FIN.CO.ID - Wacana Presiden Joko Widodo (Jokowi) log in atau bergabung dengan Partai Golkar semakin santer. Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) tak mempersoalkan hal itu.

Dia mengibaratkan Golkar sebagai sebuah perseroan terbatas (PT) yang sifatnya TBK atau terbuka. Siapapun bebas bergabung.

"Kalau Golkar sih terbuka sebagaimana posisi ketua umum. Kita sebagai partai terbuka menerima siapa saja. Sama seperti PT," tegas Bamsoet, di Jakarta, Jumat, 8 Maret 2024.

Meski demikian, dia tetap menyerahkan pilihan tersebut kepada Jokowi tanpa bermaksud mendahului keputusannya. 

BACA JUGA:

Sebelumnya, beredar isu yang menyebut Presiden Jokowi akan bergabung ke Partai Golkar. Ketua Dewan Pembina Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Idrus Marham menyebut Jokowi memiliki kedekatan dengan partai berlambang pohon beringin itu.

Idrus menuturkan Partai Golkar sangat terbuka apabila Presiden Jokowi benar ingin bergabung. "Hubungan Pak Jokowi dengan Golkar, saya kira suasana kebatinannya memang dekat, bebas, ada komunikasi, kalau ada komunikasi itu ndak begitu susah," jelasnya.

Terkait seberapa besar kemungkinan Jokowi akan bergabung dan jadi ketua umum, Idrus tidak menjawab. Ia menyampaikan dalam internal Golkar, proses penentuan atau pergantian ketua umum termasuk pengubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai, ada dalam forum musyawarah nasional (munas).

"Ada mekanisme dan mekanisme itu bisa dibicarakan di munas, sebagai lembaga tertinggi penentu kebijakan kebijakan. AD/ART diubah di situ, ketua umum diubah di situ, aturan dibuat di situ," pungkas Idrus.

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: