Diduga Terjadi Penggelembungan Suara di Bekasi Timur, KPUD Pastikan Wilayah Lain Sesuai Prosedur

Diduga Terjadi Penggelembungan Suara di Bekasi Timur, KPUD Pastikan Wilayah Lain Sesuai Prosedur

Foto Ilustrasi Penghitungan Suara di Kota Bekasi-(fin.co.id / Tuahta Aldo)-

FIN.CO.ID - KPUD Kota Bekasi menonaktifkan Ketua PPK Bekasi Timur berinisial ML, karena diduga menggelembungkan suara salah satu Caleg DPRD yang maju di wilayah tersebut.

Ketua KPUD Kota Bekasi, Ali Syaifa memastikan, 6 kecamatan menyelesaikan proses rekapitulasi penghitungan suara untuk tingkat Kota Bekasi sesuai prosedur.

"Untuk wilayah lain berjalan normal, 6 kecamatan sudah berjalan dan sudah direkap tingkat Kota, empat kecamatan sudah menuju selesai," ungkap Ali Syaifa saat dikutip, Rabu 7 Maret 2024.

Adanya dugaan penggelembungan suara, KPUD Kota Bekasi telah menginstruksikan PPK Bekasi Timur untuk melakukan rekapitulasi perolehan suara ulang.

BACA JUGA :

"Pada tanggal 3 kemarin, KPU Kota Bekasi memerintahkan PPK Bekasi Timur untuk melakukan rekapitulasi ulang perolehan suara untuk DPRD Kota Bekasi," jelasnya.

Rekapitulasi perolehan suara ulang di Bekasi Timur, berjalan sesuai tahapan dengan monitor ketat di lapangan oleh petugas pengawasan.

"Saat ini sudah berjalan baik, diikuti oleh peserta dan saksi-saksi, serta diikuti oleh pengawas. Kami juga melakukan pengecekan monitor di lapangan dan berjalan, insyaallah kembali lagi sesuai dengan tahapan," kata Ali Syaifa.

Tersisa beberapa kecamatan, yang kini masih melakukan rekapitulasi perolehan suara, termasuk wilayah Bekasi Timur yang diduga terjadi penggelembungan suara.

BACA JUGA :

"Tersisa 2 kecamatan masih proses rekapitulasi, yakni Bekasi Utara dan Bekasi Timur," ucapnya.

Adanya dugaan penggelembungan suara, Ketua PPK Bekasi Timur berinisial ML kini harus menjalani proses klarifikasi dan tidak dilibatkan dalam penghitungan ulang.

"Sekarang masih proses tahapan klarifikasi dan saat ini tidak dilibatkan untuk pelaksanaan di kecamatan," tuturnya.

Namun KPUD Kota Bekasi tidak menjelaskan secara detail, Caleg DPRD Kota Bekasi mana yang suaranya diduga digelembungkan oleh PPK Bekasi Timur.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: