Ini Dampak Buruk Jika Banyak Konsumsi Minuman Bersoda, Waspada!

Ini Dampak Buruk Jika Banyak Konsumsi Minuman Bersoda, Waspada!

Berhati-hatilah terhadap 5 masalah kesehatan yang mungkin timbul akibat mengonsumsi minuman bersoda.-Sumber: FIN/PINTEREST-

FIN.CO.ID - Minuman bersoda sering menjadi pilihan untuk menyegarkan diri saat cuaca panas. Tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan, minuman ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan berbagai masalah kesehatan lainnya karena kandungan yang terdapat di dalamnya.

Minuman berkarbonasi umumnya mengandung pemanis, pewarna, dan pengawet. Beberapa jenis bahkan dapat mengandung kafein dan alkohol dalam jumlah yang kecil.

Seiring berjalannya waktu, berbagai komponen yang terdapat dalam minuman bersoda dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan. Karena itu, sangat penting untuk membatasi konsumsinya.

BACA JUGA:

Berbagai Masalah Kesehatan yang Disebabkan oleh Minuman Bersoda Di bawah ini adalah beberapa dampak buruk kesehatan yang bisa timbul akibat konsumsi berlebihan atau berkelanjutan minuman bersoda:

BACA JUGA:

·     Risiko Stroke dan Serangan Jantung:

Studi menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi minuman bersoda dengan tingkat gula tinggi memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung dan stroke. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kolesterol, resistensi insulin, dan peradangan yang terkait dengan kebiasaan minum minuman bersoda.

Obesitas

Minuman bersoda sering menjadi penyebab obesitas, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Tingginya kandungan gula dalam minuman bersoda dapat menyebabkan penimbunan lemak dan akhirnya obesitas.

Diabetes

Minuman bersoda dapat meningkatkan kadar gula darah, khususnya pada penderita diabetes. Kandungan gula dan kalori yang tinggi, tanpa nutrisi penting lainnya, dapat meningkatkan risiko komplikasi diabetes karena menyebabkan resistensi insulin.

Osteoporosis

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dalam minuman bersoda dapat mengganggu penyerapan kalsium oleh tulang, yang dapat meningkatkan risiko osteoporosis jika dikonsumsi secara berlebihan dan teratur.

Kerusakan Fungsi Otak 

Minuman bersoda sering mengandung pemanis buatan, seperti aspartam, yang mengandung fenilalanin. Konsumsi berlebihan aspartam dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko kerusakan otak, keterbelakangan mental, kejang, dan masalah kesehatan lainnya pada individu dengan gangguan genetik fenilketonuria.

Tes darah biasanya digunakan untuk mendeteksi keberadaan fenilketonuria. Konsumsi minuman bersoda dengan kandungan aspartam yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan fenilalanin dalam otak, yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Karena itu, disarankan untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, termasuk minuman bersoda, terutama bagi mereka yang mengalami gangguan tidur, masalah mental, atau mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti antipsikotik atau levodopa. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mega Oktaviana

Tentang Penulis

Sumber: