Membiasakan Diri dengan Minuman Tawar Bisa Bantu atasi Asupan Gula Harian

Membiasakan Diri dengan Minuman Tawar Bisa Bantu atasi Asupan Gula Harian

Ilustrasi gula kristal putih.--Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Membiasakan diri dengan rasa minuman tawar dapat membantu seseorang membatasi asupan gula harian.

Sehingga menurunkan risiko obesitas dan terkena penyakit tidak menular seperti diabetes, kata spesialis penyakit dalam dr. Rudy Kurniawan, SpPD, DipTH, MM, MARS.

BACA JUGA:Kasus Kerusuhan Dogiyai Jadi Perhatian Komnas HAM, Bakar Puluhan Rumah, Dua Truk dan Kantor Pemerintahan

"Penting untuk edukasi sejak dini karena manis itu persepsi," kata dokter spesialis penyakit dalam dari Universitas Indonesia itu di Jakarta, Kamis 17 November 2022.

Rudy menjelaskan setiap orang memiliki ambang sensitivitas yang berbeda-beda.

Ketika seorang sering menyantap makanan atau menyesap minuman manis, maka individu tersebut akan kian terbiasa dengan rasa manis.

Bila disodori makanan atau minuman yang gulanya tidak sebanyak konsumsi biasanya, seseorang akan merasa bahwa hidangan tersebut kurang manis.

BACA JUGA:Aturan Penggunaan Jilbab di Sekolah, Kemen PPPA: Tidak Boleh Ada Pemaksaan

Sebaliknya, seseorang yang terbiasa dengan rasa tawar dan jarang menyantap makanan atau menyesap minuman manis akan lebih sensitif ketika mengonsumsi sesuatu yang manis. 

Meski diberi gula sedikit, makanan tersebut akan terasa sangat manis bagi orang yang terbiasa dengan rasa tawar.

Rudy mengajak masyarakat untuk mulai memberikan edukasi tentang makanan sehat sejak dini agar anak-anak pun bisa memilih makanan yang terbaik bagi tumbuh kembang mereka.

Kebiasaan baik sejak kecil itu bisa terus berlanjut hingga dewasa sehingga pola hidup sehat dilakukan secara konsisten.

BACA JUGA:Teriakan 'Puan Presiden' Menggema di Gedung DPR MPR saat Pengesahan RUU Papua Barat Daya

Bagi masyarakat khususnya kelompok pre-diabetes dan diabetes yang sudah terbiasa dengan gula, Rudy menyarankan untuk mengganti gula dengan alternatif pemanis lain yang rendah kalori.

Sumber: