Detik-Detik Tentara Amerika Tewas Bakar Diri di Depan Kedubes Israel Sambil Teriak Free Palestina

Detik-Detik Tentara Amerika Tewas Bakar Diri di Depan Kedubes Israel Sambil Teriak Free Palestina

Tentara Amerika bakar diri di Kedubes Israel--Viral

FIN.CO.ID- Seorang militer angkatan udara Amerika Serikat bernama Aaron Bushnell (25) nekat membakar dirinya di depan Kedutaan Besar Israel di Washington pada Minggu 25 Februari 2024.

Pria yang berasal dari Kota Whitman Amerika Serikat ini, melakukan aksi tersebut sebagai protes atas ganosida yang dilakukan Israel di Gaza yang hingga kini telah menewaskan puluhan ribu warga yang tak berdosa. 

Aaron Bushnell merupakan seorang pilot yang bekerja di pertahanan siber dengan Skuadron Dukungan Intelijen 531 di Pangkalan Gabungan San Antonio-Lackland di Texas. Dia telah bertugas aktif sejak tahun 2020.

Lewat sebuah video yang beredar di media sosial, Bushnell sebelum membakar dirinya, dia sengaja merekam aksinya itu. Dia mengaku tidak mau terlibat dengan aksi genosida yang dilakukan Israel dan didukung Amerika Serikat. 

BACA JUGA:

“Saya tidak akan lagi terlibat dalam genosida,” katanya sambil merekam. 

“Saya akan melakukan aksi protes ekstrem, namun dibandingkan dengan apa yang dialami rakyat Palestina di tangan penjajah, protes tersebut tidak ekstrem sama sekali," sambungnya. 

Pria itu lantas berdiri tapat di depan gerbang Kedutaan Besar Israel di Washington, dia meletakkan ponselnya itu yang sedang merekam dengan cara siaran langsung ke media sosialnya. 

Dia kemudian menyimar dirinya dengan bahan bakar minyak dan membakar dirinya sendiri sambil berteriak, “Bebaskan Palestina!, bebaskan palestina... hingga dia jatuh ke tanah dengan api yang terus melahap tubuhnya. 

Tak lama berselang, beberapa petugas mendekatinya dan berupaya memadamkan api dari tubuh pria itu. 

BACA JUGA:

“Ada yang bisa saya bantu, Tuan?” kata petugas berebut lebih dari satu menit untuk memadamkan api.

Kolonel Celina Noyes, komandan Sayap Intelijen, Pengawasan dan Pengintaian ke-70, tempat Bushnell ditugaskan mengatakan: “Ketika tragedi seperti ini terjadi, setiap anggota Angkatan Udara merasakannya,” kata Kolonel Celina Noyes.

“Kami menyampaikan simpati terdalam kami kepada keluarga dan teman-teman Penerbang Senior Bushnell," katanya lagi. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: