5 Makanan Khas Lebaran di Indonesia yang Cocok Disantap Bersama Keluarga

5 Makanan Khas Lebaran di Indonesia yang Cocok Disantap Bersama Keluarga

Rekomendasi Makanan Lebaran Khas Indonesia yang Cocok Disantap Bersama Keluarga-SUMBER : FIN/PINTEREST-

FIN.CO.ID - Meski Lebaran Idul Fitri masih menghitung bulan, namun kita juga mesti memikirkan makanan yang nikmat dan lezat untuk kita hidangkan di meja makan sebagai santapan bersama keluarga.

Berikut lima makanan yang lezat untuk disantap bersama keluarga di momen hari Raya Idul Fitri atau Lebaran:

BACA JUGA:

1. Rendang

Rendang, makanan khas Minangkabau terkenal dengan cita rasanya yang lezat. Daging sapi diproses dalam waktu lama untuk mendapatkan tekstur yang lembut.

Untuk memudahkan proses memasak, gunakan bumbu rendang Sasa yang mengandung rempah-rempah berkualitas, santan bubuk, dan kelapa parut. Rendang matang ini akan menjadi hidangan istimewa di hari lebaran bersama keluarga tercinta.

2. Opor Ayam

Tidak sah rasanya merayakan Hari Lebaran tanpa opor ayam, karena hidangan ini memiliki makna mendalam yang terkait dengan semangat maaf-memaafkan pada Idul Fitri.

Opor ayam, dengan kuah santan, diartikan sebagai maaf atau pangapunten dalam bahasa Jawa, menjadikannya simbol lebaran. Untuk cita rasa gurih yang sempurna, gunakan santan instan Sasa dalam memasak opor ayam Anda.

BACA JUGA:

3. Kue Kering

Terdapat banyak variasi kue kering yang lezat untuk disajikan selama hari raya, memanjakan keluarga dan tamu yang datang berkunjung.

Mulai dari kue manis seperti putri salju hingga kue gurih seperti kastangel, atau kombinasi keduanya seperti nastar dan sagu keju, semua pilihan kue lebaran dapat menyempurnakan momen bersantai dan bercengkerama dengan orang-orang terkasih.

4. Semur Daging

Selain opor ayam, semur daging juga menjadi salah satu menu khas Lebaran di Indonesia. Kuahnya yang manis karena kecap dan campuran rempah-rempah memberikan pengalaman makan yang tak terlupakan bersama keluarga.

Untuk meningkatkan kenikmatan semur daging, Anda dapat menambahkan potongan kentang, tahu, atau jengkol sebagai isian.

5. Ketupat

Ketupat adalah bagian tak terpisahkan dari tradisi Idul Fitri yang telah diwariskan dari generasi ke generasi sejak zaman Sunan Kalijaga. Seperti halnya opor ayam, ketupat juga memiliki makna mendalam tentang kesucian hati dan pemaafan.

Pola yang rumit dari bungkus ketupat mencerminkan beragamnya kesalahan manusia, sedangkan saat dibuka, nasi putih di dalamnya melambangkan kesucian hati yang memohon pengampunan. Meskipun memiliki filosofi yang indah, ketupat dapat disajikan dengan berbagai lauk seperti opor ayam atau semur daging.

Menyambut Idul Fitri dengan keluarga akan menjadi momen yang sempurna dengan hidangan istimewa. Dengan membaca beberapa rekomendasi di atas, Anda dapat dengan mudah memilih menu makanan untuk persiapan lebaran.

Sasa memiliki beragam produk dan bumbu instan yang akan membuat proses memasak menjadi lebih praktis dan hasil masakan Anda menjadi lebih lezat dan disukai.

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mega Oktaviana

Tentang Penulis

Sumber: