Rapat Pleno, KPU Jakut Tetapkan 18 TPS Gelar Pemilu Lanjutan Sabtu 24 Februari 2024

Rapat Pleno, KPU Jakut Tetapkan 18 TPS Gelar Pemilu Lanjutan Sabtu 24 Februari 2024

TPS di Jakarta Utara terendam banjir.-FIN/Antara-

FIN.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Utara telah menggelar rapat pleno terkait dengan pemilihan umum (pemilu) lanjutan di 18 tempat pemungutan suara (TPS). Pemilu lanjutan itu juga bakal digelar pada pekan depan atau tepatnya Sabtu 24 Februari 2024.

"Kami sudah putuskan hal itu dalam rapat pleno untuk menggelar pemilu lanjutan pada Sabtu (24 Februari 2024)," kata anggota KPU Jakarta Utara Ibnu Affan di Jakarta, Sabtu 17 Februari 2024.

BACA JUGA:

Dia mengatakan, pemilu lanjutan pekan depan itu merupakan batas akhir untuk menggelar pemungutan suara ulang (PSU) atau pemungutan suara lanjutan (PSL). "PSU atau PSL ini paling lambat digelar 10 hari setelah pemilu dilaksanakan dan batas akhir itu adalah Sabtu (24 Februari 2024)," tuturnya.

Dia menjelaskan, awalnya PSL akan dilakukan pada Minggu 18 Februari 2024. Tapi, kata dia, logistik masih kurang dan terpaksa ditunda hingga 24 Februari 2024. Permintaan logistik harus diajukan ke KPU RI lalu mereka meminta penyedia memproduksi tapi penyedia tidak mampu memenuhi permintaan dalam tiga hari.

"Logistik itu sebagian besar tidak diproduksi di Jakarta sehingga mereka kesulitan. Kami awalnya usulkan PSL pada Minggu (18 Februari) tapi terkendala logistik," terangnya.

Dia mengatakan, Sabtu 24 Februari 2024 merupakan hari libur bagi pegawai dan karyawan. Sehingga, dia berharap, warga dapat menggunakan hak pilih mereka.

Sebelumnya, Bawaslu merekomendasikan 18 TPS untuk menggelar pemilu lanjutan karena gagal dilaksanakan pada Rabu 14 Februari 2024. "Ada satu TPS yang menjadi temuan Bawaslu, harus dilakukan pemilu lanjutan yakni TPS 27 di Pademangan Barat," kata anggota Bawaslu Jakarta Utara, Muhammad Shobirin.

Ia mengatakan temuan ini menambah data yang dimiliki KPU yang merilis 17 TPS yang melakukan pemilu lanjutan karena logistik rusak akibat banjir pada Rabu 14 Februari 2024. Sementara itu, untuk temuan di TPS 27 Pademangan Barat ini karena terjadi kekurangan surat suara untuk DPR RI sebanyak 137 lembar sehingga pemilih tidak dapat menggunakan hak pilihnya. "Jadi, total ada 18 TPS yang akan melakukan pemilu lanjutan," ujarnya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: