Mahfud MD: Apapun Hasil Pilpres, Saya Tetap Berjuang Untuk Demokrasi dan Keadilan

Mahfud MD: Apapun Hasil Pilpres, Saya Tetap Berjuang Untuk Demokrasi dan Keadilan

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD--(Instagram)

FIN.CO.ID- Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md menegaskan akan tetap terus berjuang untuk demokrasi dan keadilan bangsa Indonesia pascapemilu 2024.

"Apa pun hasil dari pilpres ini, saya akan terus berjuang untuk demokrasi dan keadilan," kata Mahfud di Universitas Indonesia Salemba, Jakarta, Sabtu 17 Februari 2024.

Menurutnya, jalan perjuangan untuk demokrasi dan keadilan bukan hanya lewat pemilu, sebab pemilu hanya salah satu ekspresi dari demokrasi.

Ia bercerita pengalamannya saat tahun 2014 hingga 2016 yang mana dirinya tak menduduki satu pun jabatan publik. Namun, Mahfud tetap produktif berjuang dalam demokrasi dan penegakan hukum.

BACA JUGA:

"Saya pernah tak di jabatan apa pun pada tahun 2014 sampai 2016, tetapi tetap produktif berjuang dalam demokrasi dan penegakan hukum," katanya.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ini menilai gerakan civil society dan kampus adalah sumber gerakan demokrasi dan perubahan dari otoritarianisme menuju demokrasi.

"Sejarah mengajarkan bahwa jika demokrasi disumbat, maka demokrasi akan selalu membuka jalan sendiri. Ini sejarah kita maupun sejarah dunia," tegas Mahfud.

TPN Ganjar-Mahfud Temui Banyak Kecurangan Pemilu hingga Berencana Tempuh Jalur Hukum di MK

Tim Pemenangan Capres nomor 3 Ganjar-Mahfud mengklaim banyak menemukan kejanggalan dan kecurangan di Pilpres 2024. 

Salah satunya yang jadi sorotan adalah aplikasi SiRekap yang jadi andalan Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat proses penghitungan suara di TPS. 

BACA JUGA:

Deputi Kanal Media TPN, Karaniya Dharmasaputra menilai, aplikasi SiRekap tidak dapat jadikan sebuah acuan. Karena, ada banyak kejanggalan atau indikasi kecurangan di dalamnya.

Menurutnya, teknologi yang digunakan oleh Sirekap terbagi menjadi dua. Yaitu, Optical Character Recognition (OCR) dan Optical Mark Recognition (OMR). 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: antara