TPN Ganjar-Mahfud Temui Banyak Kecurangan Pemilu hingga Berencana Tempuh Jalur Hukum di MK

TPN Ganjar-Mahfud Temui Banyak Kecurangan Pemilu hingga Berencana Tempuh Jalur Hukum di MK

Tim TPN Ganjar-Mahfud sedang memaparkan penjelasan tentang adanya indikasi kecurangan di Aplikasi Sirekap. Jumat, 16 Februari 2024. (Candra Pratama) --

FIN.CO.ID- Tim Pemenangan Capres nomor 3 Ganjar-Mahfud mengklaim banyak menemukan kejanggalan dan kecurangan di Pilpres 2024. 

Salah satunya yang jadi sorotan adalah aplikasi SiRekap yang jadi andalan Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat proses penghitungan suara di TPS. 

Deputi Kanal Media TPN, Karaniya Dharmasaputra menilai, aplikasi SiRekap tidak dapat jadikan sebuah acuan. Karena, ada banyak kejanggalan atau indikasi kecurangan di dalamnya.

BACA JUGA:

Menurutnya, teknologi yang digunakan oleh Sirekap terbagi menjadi dua. Yaitu, Optical Character Recognition (OCR) dan Optical Mark Recognition (OMR). 

Kedua teknologi itu merupakan alat untuk mengcapture dan kemudian mengkonversikannya menjadi sebuah tulisan. 

"Ini adalah teknologi yang bukan teknologi baru gitu, itu teknologi yang sudah secara luas digunakan oleh industri digital kita termasuk di perbankan, di e-money dan lain sebagainya," ujarnya dalam konferensi pers di Media Centre Ganjar-Mahfud, Jalan Cemara No.19, Menteng Jakarta Pusat, Jumat 16 Februari 2024.

Lebih lanjut. Dia mengatakan, bahwa bagaimana mungkin sebuah sistem yang dikembangkan oleh negara untuk event yang sangat penting (pemilu) tetapi, pemanfaatan teknologi tersebut sangat kacau.

BACA JUGA:

"Nah itu yang saya kira perlu garis bawahi. bahwa kita harus menelusuri ke depan dengan sangat serius," tegas Karaniya.

Kemudian, pada saat pemilu sedang berlangsung website KPU mengalami banyak masalah. 

"Seharusnya itu bisa dihindari, kami yang bergerak di bidang teknologi tentu selalu menyiapkan prinsip redundancy. Bahwa sebuah sistem itu harus bisa dibikin redundant," imbuhnya.

"Ada yang namanya disaster recovery protocol pada saat misalnya kena serangan lalu kemudian ada sistem lain yang menjadi backup dan ditetapkan sebuah SLE," tambahnya.

Ganjar-Mahfud akan Tempuh Semua Jalur Hukum di MK

TPN Ganjar-Mahfud akan menempuh semua jalur hukum yang ada. Sebelumnya pihak TPN sudah terlebih dahulu melaporkan perkara kecurangan ke Bawaslu. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: