Demokrasi Menurun di Tangan Jokowi, Universitas Moestopo Suarakan Maklumat Hang Lekir

Demokrasi Menurun di Tangan Jokowi, Universitas Moestopo Suarakan Maklumat Hang Lekir

Universitas Moestopo Jakarta Suarakan Maklumat Hang Lekir-Dokumen Istimewa-

FIN.CO.ID - Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta, menyuarakan gugatan atas Demokrasi Indonesia yang kini dinilai sedang tidak baik-baik saja.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo, Usmar mengungkapkan, suara yang disampaikan para alumni didasari adanya penurunan demokrasi di tangan Joko Widodo (Jokowi).

Universitas Moestopo juga turut bersuara, karena para alumni Moestopo merupakan penggerak yang turut aktif saat reformasi di tahun 1998.

"Pendudukan gedung DPR Mei itu (21 Mei 1998), berangkat dari pertemuan di rumah kami. Sehingga, ketika terjadi upaya menegasikan mendowngrade demokrasi, kami punya tanggung jawab moral kepada masyarakat yang dulu kami mengantarkan reformasi 98 menumbangkan rezim otoritarian orde baru," ungkap Usmar saat dikutip, Minggu 11 Januari 2024.

Menurutnya, langkah ini dilakukan guna mencegah terjadinya otoritarian gaya baru, maka Universitas Moestopo ikut menyuarakan demokrasi yang sedang tak baik-baik saja.

Universitas Moestopo merasa memiliki tanggung jawab sejarah karena pelaku aktif reformasi 1998, sehingga memiliki kewajiban menjaga jalannya demokrasi tetap tegak.

BACA JUGA :

"Sekarang ada upaya mendowngrade itu, dimulai kebijakan Presiden Jokowi dan terlibatnya beberapa aparatur negara dan tidak netralnya ASN dan sebagainya," jelasnya.

Usmar mengatakan, terdapat upaya turunnya demokrasi oleh Jokowi, sehingga Universitas Moestopo turun ke lapangan untuk meluruskan kembali Demokrasi.

"Itu merusak demokrasi dan karena itu tidak ada kata lain, sebagai tanggung jawab kami yang dulu terlibat dalam reformasi 98 kemudian ada upaya menegasikan itu, kemudian kami kembali lagi ke lapangan dalam kapasitas kami alumni, untuk meluruskan kembali," kata Usmar.

Terdapat beberapa poin dalam Maklumat Hang Lekir yang disampaikan alumni Universitas Moestopo, diantaranya pelaksanaan pemilu yang bebas, jujur, adil serta bersih sesuai Pancasila dan UUD 1945.

Lalu menolak keras segala bentuk perilaku penguasa kepemimpinan Jokowi, yang mengarah ke upaya merusak sendi demokrasi Indonesia.

BACA JUGA :

Selanjutnya, Universitas Moestopo menolak keras segala bentuk kebijakan pemerintah yang menggunakan instrumen atau fasilitas negara.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: