Asyik! Harga BBM Non Subsidi Tidak Naik Lho

Asyik! Harga BBM Non Subsidi Tidak Naik Lho

Harga BBM non subsidi tidak naik-fin/pertamina-

FIN.CO.ID - Pemerintah memutuskan harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi tidak naik. Alasannya, untuk menjaga stabilitas dan daya beli masyarakat. Selain itu, guna menjaga agar tidak terjadi inflasi.  

"Keputusan Pertamina tidak menaikkan harga BBM tentu baik untuk menjaga stabilitas dan juga daya beli masyarakat. Tentu ini bisa berdampak luas bagi perekonomian nasional," kata Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, Minggu, 4 Februari 2024.

Pertamina sebagai perusahaan BUMN dinilai turut berperan dalam menjaga stabilitas ekonomi.

"Pertamina juga sudah melakukan efisiensi dalam proses bisnisnya sehingga bisa menghasilkan BBM dengan harga terbaik," jelasnya.

BACA JUGA:

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) biasanya melakukan perubahan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi di setiap akhir bulan. 

Namun memasuki Februari 2024 ini, Pertamina tidak melakukan perubahan harga BBM seperti biasanya. 

Padahal adanya tren kenaikan harga minyak mentah dunia dan juga kurs per Februari 2024.

Berdasarkan ketentuan Kepmen ESDM No.245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No 62/K/12/MEM/2020 tentang Formulasi Harga JBU atau BBM Non-Subsidi, per 1 Februari 2024 operator hilir migas telah melakukan penyesuaian harga BBM di SPBU. 

BACA JUGA:

Namun, khusus harga BBM di SPBU Pertamina tidak mengalami kenaikan atau masih sama dengan periode Januari 2024. Apa alasannya? 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawa, menjelaskan Pertamina menjalankan efisiensi dengan digitalisasi yang terintegrasi pada semua proses bisnis dari hulu ke hilir yang berdampak pada efisiensi biaya produksi sehingga bisa memberikan harga terbaik untuk masyarakat.

"Dengan digitalisasi ini yang bisa mengubah operating model atau cara bekerja yang pada akhirnya bisa menciptakan value dalam bentuk cost optimization sehingga Pertamina bisa memproduksi dan memberikan BBM dengan harga terbaik kepada masyarakat," ucap Nicke.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: