Baru Tahu! Rumput Laut Bisa Jadi BBM Bioetanol Pengganti Bensin, Gimana Cara Mengolahnya?

Baru Tahu! Rumput Laut Bisa Jadi BBM Bioetanol Pengganti Bensin, Gimana Cara Mengolahnya?

Rumput Laut Bisa Jadi BBM Pengganti Bensin-fin/diolah-

FIN.CO.ID - Rumput laut bisa jadi BBM (Bahan Bakar Minyak) sedang ramai dibicarakan. Usut punya usut, rumput laut dapat dimanfaatkan untuk membuat Bioetanol sebagai pengganti bensin. 

Bioetanol merupakan bahan bakar alternatif yang dihasilkan dari tumbuhan. Ini adalah bahan bakar dari tanaman yang mengandung pati. Seperti rumput laut, sagu, jagung dan ubi jalar. 

Nah, melalui proses fermentasi, pati dalam tanaman diubah jadi gula sederhana. Selanjutnya difermentasi menjadi etanol.

Bioetanol adalah salah satu bentuk energi terbarukan yang ramah lingkungan. Sebab, dapat diperbaharui dengan menanam kembali bahan bakunya. 

Pemanfaatan Bioetanol sebagai bahan bakar alternatif ini memiliki banyak keuntungan. Salah satunya, Bioetanol dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang tidak terbarukan, seperti minyak bumi.

BACA JUGA:


Rumput Laut Bisa Jadi BBM Pengganti Bensin-fin/diolah-

Sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) yang juga Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut rumput laut bisa menggantikan BBM. Pernyataan Prabowo ini pun langsung viral.

"Rumput laut itu bisa kita pakai sebagai gantinya pupuk, rumput laut bisa kita jadikan BBM. Luar biasa rumput laut itu. Industrinya juga nggak mahal," kata Prabowo dalam acara dialog capres di salah satu stasiun televisi.

Terkait rumput laut bisa jadi BBM pengganti bensin, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pernah menyebut rumput laut mempunyai kandungan karbon yang dapat dijadikan sumber energi alternatif. 

Sumber energi alternatif dari rumput laut adalah gas hidrogen, biogas, bioetanol atau char yang bisa ditingkatkan kualitasnya menjadi bahan bakar padat. 

"Makroalga (rumput laut) dengan kandungan karbonnya dapat dimanfaatkan untuk sumber daya energi alternatif," ujar Peneliti Teknologi Industri Proses dan Manufaktur BRIN Novi Syaftika beberapa waktu lalu. 

Hingga saat ini, rumput laut belum dieksplorasi menjadi energi biomassa. Diperlukan teknologi yang mumpuni untuk mengolah rumput laut menjadi BBM.

BACA JUGA:

Jokowi Ingin Rumput Laut Jadi Bioetanol

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: