Kasihan! 17.000 Anak di Gaza Hidup Tanpa Orang Tua

Kasihan! 17.000 Anak di Gaza Hidup Tanpa Orang Tua

17.000 Anak di Gaza Hidup Tanpa Orang Tua-fin/diolah-

FIN.CO.ID - Dana Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) menyebut sekitar 17.000 anak di Jalur Gaza, Palestina, hidup tanpa orang tua atau kerabatnya. 

Angka tersebut setara dengan 1 persen dari 1,7 juta warga yang mengungsi di Gaza. Total populasi di daerah kantong itu tercatat sekitar 2,3 juta jiwa.

Kepala Komunikasi UNICEF untuk Palestina Jonathan Crickx mengatakan dirinya bertemu dengan 12 anak di sana. Di mana 3 di antaranya telah kehilangan orang tua mereka.

Sebagai contoh, Razan, 11 tahun, yang kehilangan hampir semua anggota keluarganya, dan kakinya harus diamputasi.

BACA JUGA:

"Dia masih terguncang, belajar untuk hidup dengan disabilitas dalam konteks di mana layanan rehabilitasi tidak tersedia," papar Crickx.

Karena kurangnya makanan, air, dan tempat tinggal, keluarga besar pun tidak mampu merawat anak-anak tambahan. Hal itu membuat kesehatan mental anak-anak Palestina sangat terdampak.

Selain itu, anak-anak tersebut juga menunjukkan tingkat kecemasan yang sangat tinggi, kehilangan nafsu makan, insomnia, dan kepanikan setiap kali mendengar suara yang keras.

"UNICEF saat ini memperkirakan bahwa hampir semua anak Gaza, lebih dari satu juta, membutuhkan dukungan kesehatan mental dan psikososial," urainya.

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: