Pelaku Ganjal Mesin ATM di Bekasi Ditangkap, Polisi: 3 Kali Beraksi Belajar Dari YouTube

Pelaku Ganjal Mesin ATM di Bekasi Ditangkap, Polisi: 3 Kali Beraksi Belajar Dari YouTube

Satreskrim Polsek Bantargebang Kota Bekasi tangkap pelaku ganjal Mesin ATM-Tuahta Aldo-

FIN.CO.ID - Pelaku ganjal ATM Bank BRI bernama Hapenas Saputra (40), berhasil ditangkap oleh jajaran Satreskrim Polsek Bantargebang Kota Bekasi.

Kapolsek Bantargebang Polres Metro Bekasi Kota, AKP Ririn S Damayanti mengungkapkan, pelaku nekat beraksi di Jalan Perumahan Taman Bumyagara, Mustikajaya, Kota Bekasi.

"Dia melancarkan aksinya sendiri, sudah tiga kali melakukan kejahatan serupa di lokasi yang sama," ungkap Ririn S Damayanti, Senin 29 Januari 2024.

Menurutnya, pelaku melangsungkan aksinya dengan menggunakan plat besi tebal yang digunakan untuk mengganjal mesin ATM Bank BRI.

BACA JUGA :

Modusnya, tersangka melakukan transaksi tarik tunai dahulu sebesar Rp50 ribu terlebih dahulu, agar lubang uang keluar di mesin ATM bisa terbuka.

"Berawal dari (tarik tunai) Rp50 ribu dulu setelah uang itu keluar secara bersamaan dia mengganjal ATM tersebut menggunakan besi plat yang sudah dimodifikasi," jelasnya.

Ririn Damayanti mengatakan, ketika pelat besi sudah mengganjal lubang keluar uang ATM, terdapat transaksi tarik tunai sebesar Rp1,2 juta.

Namun, uang tunai yang sudah keluar dari lubang keluar tersebut justru terganjal dan mengeluarkan peringatan di layar mesin ATM bahwa terjadi kendala.

"Karena sudah terganjal plat besi yang sudah dimodifikasi tersebut, di layar ATM tertulis mesin tidak dapat mengeluarkan uang dan saldo anda tidak terdebit alias mesin error," kata Ririn S Damayanti.

BACA JUGA :

Karena eror, saldo ATM tidak terdebit atau terpotong, meski uang tunai sebesr Rp1,2 juta berhasil keluar dari dalam mesin yang sudah terganjal.

"Setelah mesin error, kartu akan keluar dengan sendirinya. setelah itu pelaku mencongkel plat besi yang sudah dipasang tadi, bersama uangnya dia ambil menggunakan kunci obeng min," ucapnya.

Berdasarkan pengakuannya, pelaku terpaksa melakukan aksi kejahatan mengganjal mesin ATM menggunakan besi, lantaran terdesak kebutuhan ekonomi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: