Mengenal Sosok Aminah Cendrakasih, Pemeran Mak Nyak Si Doel yang Menjadi Google Doodle

Mengenal Sosok Aminah Cendrakasih, Pemeran Mak Nyak Si Doel yang Menjadi Google Doodle

Sosok Aminah Cendrakasih, Pemeran Mak Nyak Si Doel yang Menjadi Google Doodle-Google Indonesia -

FIN.CO.ID - Berbeda dengan hari-hari biasanya, Google Doodle hari ini menampilkan sesuatu yang menarik, yaitu sosok artis senior Aminah Cendrakasih. 

Ditampilkan dalam bentuk karikatur, Aminah Cendrakasih digambarkan mengenakan kerudung berwarna krem dan baju bermotif warna merah.

Google memasang Aminah Cendrakasih sebagai Google Doodle, dalam rangka memperingati hari ulang tahun mendiang aktris senior yang ke-86 tahun.

Pemilik nama asli Siti Aminah Tjendrakasih, merupakan sosok artis senior yang lahir di Magelang, Jawa Tengah pada tanggal  29 Januari 1938.

BACA JUGA :

Di dunia hiburan Tanah Air, ia merupakan aktris legendaris yang namanya sudah malang-melintang di berbagai karya film Indonesia.

Aminah Tjendrakasih memulai kariernya di dunia perfilman Indonesia sejak tahun 1956, yang dimana kala itu usianya baru saja memasuki 18 tahun.

Masa remajanya, Aminah Tjendrakasih memulai debut memainkan film Serampang 12 dan semakin meroket, hingga memainkan peran gadis jutek hingga ibu penyabar.

Nama dirinya semakin dikenal usai memainkan perannya sebagai Lela atau Mak Nyak, dalam film sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

BACA JUGA :

Peran sebagai Mak Nyak terus melekat dalam diri Aminah Cendrakasih, hingga membawa dirinya memenangkan beberapa penghargaan di dunia film Indonesia.

Si luar aktivitasnya sebagai artis senior perfilman Indonesia, Aminah Cendrakasih aktif di organisasi HSBI dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB).

Wanita yang kerap disapa Mak nyak ini, pernah menjabat Ketua I Divisi Kesenian di LKB, serta menjabat Komisaris PT Jayanti Adhikara Sinema.

Namun pada tanggal 21 Desember 2022, Aminah Cendrakasih telah menghembuskan nafas terakhirnya di Tangerang Selatan, meninggalkan banyak karya perfilman.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: