Geger Penampakan Hantu Kuyang di Cileungsi, Mitos Atau Fakta?

Geger Penampakan Hantu Kuyang di Cileungsi, Mitos Atau Fakta?

Ilustrasi Sosok hantu kuyang yang diperankan Wulan Gurtino--

FIN.CO.ID- Belum lama ini sebuah video beredar di media sosial terjadi penampakan hantu Kuyang di rumah warga di Cileungsi, Bogor Jawa Barat. 

Nampak dalam video yang vir di TikTok dan Twitter, ada sosok hantu Kuyang yang mengintip dari balik kaca pintu yang tertutup. 

Dari narasi video itu,  disebutkan bahwa ada bayi di dalam rumah tersebut hingga mengundang hantu Kuyang datang. 

Si perekam video itu nampak ketakutan saat melihat mata hantu Kuyang melotot di balik pintu. "Astagfirullah halaziim," ucap wanita yang merekam video itu. 

Meski begitu, dalam rekam, hantu Kuyang tidak terlihat begitu jelas. Hanya nampak penampakan rambutnya yang hitan di balik kaca pintu. 

BACA JUGA:

Fakta-fakta Sosok Hantu Kuyang: 

Hantu Kuyang adalah makhluk mitos dalam budaya Melayu, khususnya di Kalimantan. Sosok hantu ini dipercaya sebagai roh wanita yang dapat berubah menjadi bola cahaya atau sosok perempuan untuk mencari darah bayi atau orang yang baru lahir. 

Mitos ini berkaitan dengan praktik ilmu hitam dan diwariskan secara turun-temurun dalam masyarakat.

Sosok hantu Kuyang sudah ada dalam cerita-cerita rakyat sejak zaman dulu di Kalimantan. 

BACA JUGA:

Asal Usul Hantu Kuyang

Hantu Kuyang diyakini sebagai roh wanita yang memiliki kemampuan untuk bermetamorfosis. 

Mitos ini berkaitan erat dengan kepercayaan bahwa Hantu Kuyang dapat berubah menjadi bola cahaya atau sosok perempuan untuk mencari darah bayi atau orang yang baru lahir. 

Dipercayai bahwa makhluk ini terlibat dalam praktik ilmu hitam dan kegiatan mistis yang menjadikannya makhluk yang menakutkan.

Warisan Turun-Temurun

Kepercayaan terhadap Hantu Kuyang tidak hanya menjadi kisah dongeng semata, tetapi juga sebuah warisan turun-temurun yang diwariskan dari generasi ke generasi. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: