Jimly Asshiddiqie Heran Ada Isu Pemakzulan Jokowi: Mungkin Pendukung Paslon Panik Takut Kalah

Jimly Asshiddiqie Heran Ada Isu Pemakzulan Jokowi: Mungkin Pendukung Paslon Panik Takut Kalah

Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) Jimly Asshiddiqie. -ANTARA/Rina Nur Anggraini-

FIN.CO.ID- Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie mengaku heran dengan isu pemakzulan Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) yang belakangan ini mulai disuarakan pihak-pihak tertentu. 

"Aneh, 1 bln ke pemilu kok ada ide pemakzulan presiden" tulis Jimly melalui akun X (twitter) dilansir Ahad 14 Januari 2024.

Jimly menilai, pemakzulan Jokowi tidak mungkin dalam waktu singkat. Dia menduga, isu itu dinaikkan lantaran ada paslon yang takut kalah di Pilpres pada 14 Februari 2024 mendatang. 

"Ini tidak mungkin, kecuali cuma pengalihan perhatian atau karena pendukung paslon, panik dan takut kalah" katanya. 

BACA JUGA:

"1 bulan ini, mana mungkin dicapai sikap resmi 2/3 DPR dan DPD dukungan 2/3 dan MPR setelaj dari MK. Mari fokus saja sukseskn pemilu" cetusnya. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Pohukam) Mahfud MD mengatakan, dirinya didatangi oleh sekelompok masyarakat sipil yang mengusulkan agar adanya pemakzulan terhadap Presiden Jokowi. 

Mereka antara lain, Faizal Assegaff, Marwan Barubara, Letjen (Purn) Suharto, Syukri Fadoli, dan lainnya. 

Mereka menyampaikan masukan tentang berbagai dugaan pelanggaran dalam proses Pemilu yang sedang berlangsung saat ini. 

BACA JUGA:

"Saya sampaikan bahwa Kemenko Polhukam bukan penyelenggara Pemilu. Penyelenggara Pemilu yang resmi dan independen adalah KPU. Masukan seperti ini penting disampaikan ke KPU dan Bawaslu. 

Mahfud sampaikan bahwa Kemenko Polhukam memiliki Desk Pemilu, yang tugasnya antara lain memantau dan menerima masukan atau laporan terkait pelaksanaan Pemilu. 

"Saya persilakan teman-teman untuk meneruskan ke Desk Pemilu yang dipimpin oleh Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam, bila masih ada masukan untuk perbaikan kualitas Pemilu kita" katanya. 

Lebih lanjut, Mahfud Md bilang, Faizal rombongannya itu juga menyampaikan usulan pemakzulan presiden.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: