Setuju Usul Jokowi, Ganjar Pranowo: Kalau Format Diubah, Debat Bakal Lebih Menarik

Setuju Usul Jokowi, Ganjar Pranowo: Kalau Format Diubah, Debat Bakal Lebih Menarik

Capres RI Ganjar Pranowo usai bertemu dengan para petani bawang merah dan kelompok tani di Desa Kertabesuki, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (10/1/2024). -ANTARA/Narda Margaretha Sinambela-

FIN.CO.ID - Calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo setuju dengan usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar format debat capres-cawapres diubah.

Menurut Ganjar, jika format debat capres-cawapres Pemilu 2024 diubah, maka akan lebih hidup atau menarik.

"Malah, kalau diubah debat akan lebih menarik," katanya di sela-sela kampanye di Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis, 11 Januari 2024.

Hal tersebut diungkapkan Ganjar, menyikapi usulan Presiden Jokowi yang mengatakan format debat capres-cawapres sebaiknya diubah dengan menghadirkan rambu-rambu supaya debat bisa lebih hidup.

Dia menilai format debat capres-cawapres Pemilu 2024 yang berlangsung saat ini justru menampilkan kuota pertanyaan dan jawaban, di mana bertanya dua kali hanya dijawab satu kali.

Terkait hal itu, Ganjar berharap format debat diubah dengan menggunakan kuota waktu.

BACA JUGA:

"Ini kan kuotanya jawaban pertanyaan, bertanya apa dua kali, dijawab sekali, begitu, ya. Menurut saya, kasih waktu saja, debat hari ini, katakan 3 menit, maka 3 menit bisa bersahut-sahutan," jelas Ganjar.

Dia mengaku senang bila saat debat, para kandidat capres-cawapres dapat saling bersahutan mengonfirmasi argumen satu dengan lainnya. Menurut Ganjar, format debat seperti itu akan jauh lebih menarik.

"Kemarin, ketika Pak Prabowo tanya apa itu kan diperingatkan oleh host gitu waktu tanya ke saya. Pak Prabowo diam dulu, tetapi buat saya nggak (apa-apa), silakan saja wong saya senang kok konfirmasi seperti itu," jelas Ganjar.

Kendati demikian, dia menegaskan akan tetap mematuhi format yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"KPU saya kira sudah mengambil sikap. Saya ikut aturannya saja," ujar Ganjar.

Sebelumnya, Rabu (10/1), anggota KPU RI August Mellaz menyebut format debat capres-cawapres sudah disusun secara optimal karena memberi kesempatan bagi masing-masing calon untuk menyampaikan gagasan-nya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: