Semakin Bertambah, KPU Kota Bekasi Temukan 471 Surat Suara Rusak

Semakin Bertambah, KPU Kota Bekasi Temukan 471 Surat Suara Rusak

Surat suara yang sudah dilipat di Gudang Logistik KPU Kota Bekasi -Tuahta Aldo-

BEKASI, FIN.CO.ID - Dua hari proses sortir dan pelipatan surat suara, KPU Kota Bekasi menemukan ratusan lembar surat suara Pemilu 2023 rusak.

Ketua KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa mengungkapkan, proses sortir dan Pelipatan surat suara dilakukan sejak Senin 8 Januari 2024 lalu.

"Hari pertama rusak ada sebanyak 339 lembar dan hari kedua ada 132 lembar," ungkap Ali Syaifa, Rabu 10 Januari 2024.

Dalam dua hari, tercatat sebanyak 552.533 surat suara pemilu 2024 telah terlipat di Gudang Logistik KPU Kota Bekasi Medan Satria.

BACA JUGA :

Berdasarkan data yang fin.co.id dapat, sebanyak 226.678 lembar terlipat pada hari pertama dan sebanyak 325.855 lembar terlipat di hari kedua.

"Kami menargetkan sebelum tanggal 31 Januari kami sudah menyelesaikan seluruh surat, agar setelah itu kami konsentrasi melakukan pendistribusian," jelasnya.

KPU Kota Bekasi berencana untuk melakukan penambahan petugas sortir dan lipat suara, mulai dari hari Kamis 11 Januari 2024, untuk mengejar target jadwal.

"Tapi yang jelas dari hari ke hari juga ada peningkatan hasil produksi pelipatan suaranya. Teman-teman yang 380 ini bisa semakin cepat, semakin terbiasa," kata Ali Syaifa.

BACA JUGA :

Perlu diketahui, 9 juta lembar surat suara akan disortir dan dilipat dengan target 20 hari kerja, lalu akan didistribusikan ke masing-masing TPS.

"Untuk hari ini pekerjanya dimulai sebanyak 380 orang petugas sortir lipat, ke depan kami tingkatkan sampai batas 1.500 orang agar target 20 hari tercapai," ucapnya.

Bila ditemukan adanya surat suara Pemilu yang rusak saat penyortiran, petugas akan langsung melapor dan diteruskan kepada KPU Pusat.

Petugas sortir dan lipat mendapat Rp 300 per lembar untuk surat suara presiden, serta Rp 400 per lembar surat suara DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Barat, DPRD Kota Bekasi dan DPD RI.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: