Arti 'Omon-omon' yang Dilontarkan Prabowo Subianto saat Tanggapi Anies Baswedan

Arti 'Omon-omon' yang Dilontarkan Prabowo Subianto saat Tanggapi Anies Baswedan

Calon Presiden no 2, Prabowo Subianto dalam debat pilpres 2024 di Istora Senayan Jakarta 7 Januari 2024--

FIN.CO.ID - Begini arti kata omon-omon yang diucap calon presiden (capres) nomor 2, Prabowo Subianto dalam debat Pemilihan umum presiden dan wakil presiden (pilpres) 2024.

Prabowo sebut omon-omon saat menanggapi jawaban capres nomor urut 1 Anies Baswedan terkait soal kerja sama Selatan-selatan.

Menurut Prabowo, Anies hanya bisa berbicara sementara itu ia lebih setuju dengan tanggapan dari capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

"Saya banyak setuju dengan Pak Ganjar ya. Kalau benar masuk akal, saya setuju, kalau ngomong, ngomong, ngomong, ya kumaha (bagaimana)?" ujar Prabowo dalam debat capres di Istora Senayan, Jakarta Minggu, 7 Januari 2024.

BACA JUGA:

"Jadi leadership apakah negara, apakah perorangan, tapi juga terutama negara harus dengan contoh ingarso sungtulodo. Kita memimpin, kita membawa agenda, kita mau cerita, itu cerita, omon. Omon-omon tak bisa," katanya lagi. 

Lanjutnya, Prabowo mempersoalkan banyaknya negara di kawasan Selatan kini memandang Indonesia.

Prabowo yang menjabat Menteri Pertahanan menilai Indonesia berhasil membangun ekonomi sehingga kini dipandang oleh negara lain.

"Kenapa negara-negara Selatan sekarang melihat ke Indonesia? Karena kita berhasil membangun ekonomi kita. Jadi tidak hanya omon, omon, omon. Kerjanya omon saja. Tidak bisa," ujar Prabowo.

BACA JUGA:

Istilah omon-omon menjadi trending topic melalui akun media sosial X. Berdasarkan pantauan FIN, kata omon-omon trending 4,5 ribu tweet sejak berita ini diterbitkan.

Lantas apa arti omon-omon yang dilontarkan oleh Prabowo Subianto saat menanggapi tanggapan Anies Baswedan?

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata omon-omon bukan kalimat dari bahasa Indonesia yang tidak memiliki arti dan makna.

Istilah omon-omon merupakan plestan dari 'omon-omong'. Dalam konteks ini, Prabowo meminta Anies agar tak cuman ngomong doang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: