Disebut Tukang Fitnah, Roy Suryo Berencana Polisikan Ketua KPU Hasyim Asy'ari

Disebut Tukang Fitnah, Roy Suryo Berencana Polisikan Ketua KPU Hasyim Asy'ari

Pakar Telematika Roy Suryo--PMJ

FIN.CO.ID- Pakar multimedia dan telematika Roy Suryo mengaku sedang mempersiapkan langkah hukum untuk mempolisikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari lantaran menyebut dirinya sebagai tukang fitnah. 

Adapun ucapan Hasyim Asy'ari itu ketika menanggapi pernyataan Roy Suryo yang menyoroti Cawapres nomor 2 Gibran Rakabuming Raka menggunakan 3 mic saat debat cawapres pada Jumat 22 Desember 2023.

"Saya sendiri tidak mengetahui, Apa dasar, latar belakang dan niat dari Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, yang mengucapkan atau menuliskan perkataan Roy Suryo tukang fitnah," kata Roy kepada fin, Minggu 24 Desember 2023.

BACA JUGA:

Roy Suryo mengatakan, saat ini tim Kuasa Hukumnya sedang mengkaji langkah-langkah hukum untuk mempolisikan Hasyim Asy'ari. 

"Saat ini tim hukum Saya sedang Mengkaji langkah-langkah apa yang akan kami tempuh terhadap perkataan (atau Tulisan): "Roy Suryo tukang fitnah" yang disampaikan oleh Ketua KPU, Hasyim Asy'ari" kata Roy Suryo. 

Roy Suryo menilai, perkataan Hasyim Asy'ari seolah melabelinya sebagai orang yang mempunyai kebiasaan sebagai tukang menyebar fitnah. Sehingga Roy mengatakan Hasyim Asy'ari telah melakukan mencemaran nama baik. 

"Kajian tim hukum Saya, perkataan dari Ketua KPU, Hasyim Asy'ari dimaksud terindikasi terjadinya pencemaran nama baik atau fitnah terhadap diri saya yang dapat dimintai pertanggungjawaban sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku" katanya. 

Sebelumnya, Roy Suryo soroti Gibran yang menggunaka tiga mic sekaligus. Yakni clipon, hand held dan headset. Roy bilang bahwa berbeda dengan cawapres Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar yang hanya menggunakan satu mic. 

BACA JUGA:

Menanggapi itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, para cawapres yang mengikuti debat kedua Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat malam itu, menggunakan alat mikrofon yang sama.

"Semua cawapres pakai alat yang sama. Semua cawapres pakai 3 mik untuk mengantisipasi ada mik yang mati," kata Hasyim dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu malam 23 Desember 2023.

Hasyim juga menegaskan Gibran tak menggunakan ear feeder atau pengumpan telinga. Ia menjelaskan bahwa alat yang berada di telinga para cawapres merupakan cantolan mik.

"Bukan ear feeder Itu mik yang ditempel di pipi dan dicantolkan di kuping," ungkapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: