BLT El Nino Rp400 Ribu Sudah Cair, Buruan Cek Cara Mendapatkannya

BLT El Nino Rp400 Ribu Sudah Cair, Buruan Cek Cara Mendapatkannya

Cara cek penerima BLT Langsung cair-@Kemensosri-instagram

FIN.CO.ID - Bantuan langsung tunai (BLT) El-Nino kepada masyarakat untuk dua bulan, yaitu November dan Desember sudah cair.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) El-Nino kepada masyarakat untuk dua bulan, yaitu November dan Desember sebesar Rp400 ribu.

"BLT El-Nino itu setiap keluarga mendapatkan Rp200 ribu per bulan, dan untuk tahun ini diberikan dua bulan atau sebesar Rp400 ribu," katanya di Yogyakarta, Minggu, 24 Desember 2023.

Penyaluran BLT El Nino menyasar sebanyak 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) secara nasional, dan untuk Kota Yogyakarta tercatat sebanyak 22.810 KPM dengan total bantuan yang disalurkan sebesar Rp9,12 miliar.

"Tadi saya di Kantor Pos Yogyakarta bertemu dengan penerima BLT, mereka berharap tahun depan bantuan ini bisa dilanjutkan," katanya.

Menurut Airlangga, dampak signifikan dari fenomena El Nino di Indonesia di antaranya kekeringan, sehingga berdampak pada mundurnya kegiatan tanam tanaman pangan oleh petani.

BACA JUGA:

"Musim tanam mundur, jadi mungkin Januari sampai Februari 2024 bisa mulai tanam, dan baru sekitar Mei hingga Juli 2024 panennya," kata Airlangga.

Sebagai upaya pemerintah untuk menjaga ketersediaan pangan beras akibat dampak El Nino, lanjut Menko Airlangga, pemerintah sudah melakukan pengadaan beras.

"Pemerintah sudah melakukan pengadaan beras dan tahun depan kita sudah punya komitmen suplai dari negara lain sebesar tiga juta ton," kata Airlangga.

Cara Cek BLT El Nino

Berikut ini adalah link cek penerimaan bantuan sosial BLT 2023 dari pemerintah lengkap dengan syarat penerimannya.

Pemerintah baru saja mengumumkan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BLT BPNT) untuk bulan Agustus tahun 2023.

Tindakan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu serta terdampak ekonomi.

Bagi individu yang berminat untuk mendaftar dan memeriksa status kelayakan penerimaan bansos ini, berikut ini adalah panduan yang sederhana dan praktis.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: