Dituding Musnahkan Ratusan Gereja di Jakarta, Elit Demokrat Bela Anies Baswedan

Dituding Musnahkan Ratusan Gereja di Jakarta, Elit Demokrat Bela Anies Baswedan

Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon--Twitter

Anies Baswedan mengklaim bahwa dia menjadi Gubernur DKI Jakarta yang paling banyak menerbitkan izin pembangunan rumah ibadah. Hal itu dia ungkapkan dalam debat capres 2023 pada Selasa malam lalu. 

"Kalau boleh saya laporkan, dalam sejarah Gubernur Jakarta, yang paling banyak memberikan izin rumah ibadah adalah Gubernur Anies Baswedan. Termasuk ketika umat Islam ingin mendirikan masjid dan tidak dapat izinnya, saya bicara, ketika umat Kristen ingin mendirikan gereja tidak bisa mendapatkan izin dari masyarakat, saya bicara. Sehingga akhirnya mendapatkan izin untuk bisa beribadah," ujar Anies. 

Pada saat Anies masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, ia mempermudah izin pembangunan rumah ibadah di Jakarta. Pembangunan rumah ibadah cukup mudah sehingga tidak ada proyek yang mandek. 

Anies juga menambahkan, ia pernah memberikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) kepada gereja yang mandek 30 sampai 40 tahun dan ia bereskan.

Jika melihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, memang terdapat peningkatan rumah ibadah selama Anies menjabat sejak 16 Oktober 2017 hingga tahun 2022. 

Terutama pada Gereja Protestan dan Gereka Katolik sejak 2017 ke tahun 2022 terjadi kenaikan masing-masing 17,76% dan 4,44%. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: