Jasa Marga Memprediksi, Libur Natal Dan Tahun Baru Jumlah Kendaraan Meningkat 14,2 Persen

Jasa Marga Memprediksi, Libur Natal Dan Tahun Baru Jumlah Kendaraan Meningkat 14,2 Persen

Lalu lintas menuju Gerbang Tol Cikampek Utama Jasa Marga-Credit Image: Jasa Marga-

JAKARTA, FIN.CO.ID - PT Jasa Marga memprediksi, lonjakan mobilisasi kendaraan Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan meningkat sebesar 14,2 persen.

Hal itu disampaikan oleh Corporate Communication & Community Development Group Head at PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Lisye Octaviana, saat konfrensi pers.

"Secara total kami prediksi, ada peningkatan dibandingkan lalin normal selama periode 18 hari, sebanyak 2,88 juta kendaraan untuk arus keluar Jabotabek atau meningkat 14,2 persen," ungkap Lisye Octaviana dalam konferensi pers, Kamis 14 Desember 2023.

Menurutnya lonjakan jumlah kendaraan selama Libur Nataru, mayoritas melintas di Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) menuju wilayah timur pulau Jawa.

BACA JUGA :

"Distribusinya ini mayoritas sebanyak 52 sampai 53 persen itu ke arah timur, ke arah trans jawa atau ke arah bandung yang titiknya di gerbang tol cikampek utama dan kalitama ke arah bandung," jelasnya.

Tidak hanya ke arah Timur Pulau Jawa, PT Jasa Marga juga memprediksi, akan terjadi lonjakan kendaraan yang menuju kawasan wisata seperti Ciawi dan Merak Banten.

"Jasa marga mempersiapkan terkait periode adanya nataru, sudah disampaikan juga oleh pemerintah. kami menghitungnya nanti mulai dari 18 Desember H-7, sampai h+3 di 4 Januari, selama 18 hari itu memang nanti ada beberapa puncak mudik dan balik," kata Lisye Octavia dalam konferensi pers.

Lanjutnya PT Jasa Marga juga akan mengantisipasi Adanya genangan air atau banjir, di seluruh Jalan tol yang akan dilalui selama Libur Nataru.

Meski sedang memasuki musim hujan, pihaknya memastikan, hingga kini belum terlihat adanya ruas jalan tol yang menjadi titik rawan banjir.

BACA JUGA :

"Itu tidak hanya pada saat lebaran atau nataru, nah titik-titik tersebut sudah kami koordinasikan dengan pemerintah daerah setempat melalui ruas-ruas tol di setiap wilayah untuk memastikan tidak ada kiriman air gitu ya. Yang Kita lihat saluran air yang melewati ruas tol itu sudah kita koordinasikan jauh-jauh hari," ucapnya.

PT Jasa Marga juga akan melakukan koordinasi dengan BMKG, terkait prediksi cuaca selama periode Libur Nataru mendatang.

"Tentunya pada saat nanti, nataru ini kita juga memang koordinasi dengan BMKG bersama-bersama di posko piket nataru ini, untuk mengantisipasi adanya cuaca ekstrem," tuturnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: