Ratusan Rumah Semi Permanen di Bekasi Terbakar, Plastik Membuat Damkar Sulit Memadamkan Api

Ratusan Rumah Semi Permanen di Bekasi Terbakar, Plastik Membuat Damkar Sulit Memadamkan Api

Petugas Damkar Kota Bekasi melakukan pemadaman di bangunan semi permanen -Dokumen Istimewa-

BEKASI, FIN.CO.ID - Ratusan bangunan semi permanen di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Bintara, Kota Bekasi, habis terbakar pada Rabu 13 Desember 2023 siang.

Salah satu warga bernama Ika mengatakan, kebakaran bangunan itu disebabkan kompor yang ditinggal pemiliknya untuk mengantri pembagian sembako gratis.

“Denger-denger lagi masak ditinggal lagi ada pembagian sembako, mahasiswa ngasih sembako dia kan emg gak dapet kupon, itu dia di tengah-tengah,” kata Ika saat dikonfirmasi, Rabu 13 Desember 2023.

Dirinya mengaku sempat mendengar suara ledakan kencang, diduga berasal dari tabung gas 3 kg yang ditinggal di dalam rumah saat memasak.

BACA JUGA :

“Saya gak tau (kalo ada mobil yang terbakar) posisi saya lagi di sini, tiba-tiba api udah gede. Sempat ada ledakan gas 3 Kg,” jelasnya.

Komandan Kompi (Danki) B Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi, Haryanto mengungkapkan, kebakaran terjadi pada pukul 09.35 WIB.

“Setelah kita sampai ternyata api sudah menjalar mengingat ini tumpukan rongsokan ya barang-barang bekas yang mudah terbakar dan langsung kita meminta bantuan ke masing-masing sektor,” ungkap Haryanto.

Sebanyak 7 unit truk damkar serta 2 unit mobil rescue dikerahkan ke lokasi, untuk memadamkan api yang membakar area seluas 1 hektar.

BACA JUGA :

Banyaknya bahan yang mudah terbakar berupa plastik, membuat api cepat menjalar sehingga petugas kesulitannya untuk memadamkan api.

“Tapi alhamdulillah kita langsung menemukan sumber air, kita sistem pemadamannya statis jadi unit gak mondar-mandir keluar,” ucapnya.

Tidak hanya membakar ratusan bangunan semi permanen, api juga membakar sejumlah mobil, sepeda motor, dan kendaraan bak motor.

Hingga kini pihaknya belum bisa memastikan, jumlah bangunan serta kerugian yang dialami akibat kebakaran tersebut. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: