Investasi Rp23 Triliun, TikTok Shop Resmi Gabung GOTO, Beroperasi Lewat Tokopedia Mulai 12 Desember

Investasi Rp23 Triliun, TikTok Shop Resmi Gabung GOTO, Beroperasi Lewat Tokopedia Mulai 12 Desember

TikTok Shop Bakal Kembali Dibuka di Indonesia--shutterstock

FIN.CO.ID- TikTok Shop resmi umumkan kerjasama dengan PT Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) untuk membangun sektor e-commerce di Indonesia. 

Pengumuman ini sekaligus menjawab rumor bahwa TikTok Shop akan kembali setelah resmi ditutup oleh Pemerintah pada Oktober 2023 lalu.

TikTok Shop mengatakan bahwa nantinya, fitur layanan belanja dan aplikasi TikTok Shop akan dioperasikan oleh Tokopedia. 

"Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia," demikian TikTok Shop dalam keteragan tertulisnya, Senin 11 Desember 2023. 

BACA JUGA:


TikTok Shop akan gabung dengan Tokopedia? Ini kata Menkop UKM, Menteri Teten --Tiktok

Sebagai bagian dari kerja sama itu, TikTok menginvestasikan sebesar US$ 1,5 miliar atau Rp23,4 triliun (asumsi kurs Rp 15.617 per dolar AS).

"Sebagai bentuk kerja sama, TikTok menginvestasikan lebih dari US$ 1,5 miliar untuk komitmen jangka panjang dalam mendukung operasional Tokopedia," katanya.  Namun katanya, investasi itu tak akan membuat dilusi lebih lanjut atas kepemilikan GoTo di Tokopedia. 

Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo diharapkan dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia. 

"Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek. GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut," katanya.

BACA JUGA:

Program kerja sama ini akan mulai diluncurkan dapa Selasa 12 Desember 2023 yang bertepatan dengan Hari Belanjar Nasional (Harbolnas). Masa uji coba ini akan dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait dengan kampanye Beli Lokal.

"Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) inisiatif pemerintah Indonesia yang ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal," jelasnya.

Kampanye Beli Lokal ini akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: