Survei LPI: Ganjar-Mahfud Paling Peduli Isu Buruh dan Tenaga Kerja, Prabowo-Gibran Terendah

Survei LPI: Ganjar-Mahfud Paling Peduli Isu Buruh dan Tenaga Kerja, Prabowo-Gibran Terendah

Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis hasil survei nasional yang menunjukkan bahwa Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD menjadi pasangan favorit Generasi Z (Gen Z).-ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat-

FIN.CO.ID- Pasangan Capres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dinilai sebagai paslon yang paling peduli dengan isu buruh ketenaga kerajaan. 

Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) merilis hasil survei menempatkan paslon Ganjar Pranowo dan Mahfud MD pada posisi teratas sementara paslon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar pada posisi kedua, dan Prabowo - Gibran posisi ketiga. 

Wakil Direktur LPI Ali Ramadhan mengatakan, pihaknya memotret persepsi publik terhadap isu perburuhan dan ketenagakerjaan, sebab situasi terkini ada desakan kuat dari elemen buruh terhadap kenaikan upah serta isu-isu lain yang melingkupinya.

"Hasil survei LPI menunjukkan isu pasangan yang dapat sejahterakan buruh, Ganjar-Mahfud Md mendapatkan 69,25 persen, Anies-Muhaimin sebesar 12,75 persen dan Prabowo-Gibran sebesar 9,74 persen, serta tidak tahu 8,25 persen" paparnya, dikutip Minggu 3 Desember 2023.

BACA JUGA:


Wakil Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Ali Ramadhan. ANTARA/HO-Humas LP--

Sementara soal isu buruh, paslon Ganjar - Mahfud juga mendapat kepercayaan tertinggi dari paslon lainnya. 

TGanjar-Mahfud Md mendapatkan 68 persen, Anies-Muhaimin sebesar 12,50 persen dan Prabowo-Gibran sebesar 10,75 persen, serta tidak tahu 8,75 persen.

Selanjutnya, pasangan yang bisa wujudkan kedaulatan pangan yakni Ganjar-Mahfud Md mendapatkan 67,5 persen, Anies-Muhaimin sebesar 11 persen dan Prabowo-Gibran sebesar 12,25 persen, serta tidak tahu 9,25 persen.

Dia menjelaskan alasan yang menyebabkan pasangan Ganjar-Mahfud unggul di isu perburuhan (ketenagakerjaan) yakni rekam jejak, serta kemauan dari pasangan itu dalam mengakomodasi aspirasi kaum buruh.

"Komitmen untuk melakukan kebijakan afirmatif yang melindungi kaum buruh, tetapi juga tidak merugikan pelaku usaha. Dan suara mayor kaum buruh, juga menghendaki revisi UU Ciptaker," jelas Ali.

BACA JUGA:


Pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD--

Menurut dia, survei ini tentu saja masih sangat dinamis dan publik akan terus mencermati berbagai aspek dari setiap kontestan Pilpres 2024.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: