Anies Baswedan Paparkan Lima Pilar Dasar Kebijakan Politik Luar Negeri

Anies Baswedan Paparkan Lima Pilar Dasar Kebijakan Politik Luar Negeri

Capres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan saat menyampaikan pandangannya terkait kebijakan luar negeri Indonesia dalam CIFP 2023 di Jakarta, Sabtu (2/12/2023). -ANTARA/Donny Aditra-

fin.co.id - Calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan menyebut, Pemerintah Indonesia ke depan harus mampu mempertahankan lima pilar atau dasar untuk mengambil atau menentukan kebijakan politik luar negeri.

Hal tersebut disampaikan Anies dalam kegiatan Konferensi Kebijakan Luar Negeri Indonesia (CIFP) 2023, yang diselenggarakan Komunitas Kebijakan Luar Negeri Indonesia (FPCI), di Jakarta, Sabtu 2 Desember 2023.

Anies mengatakan untuk menghadapi tantangan global ke depan, Indonesia harus memiliki rencana strategi matang dalam mewarnai kancah politik internasional.

"Kami melihat politik luar negeri ke depan perlu mempertahankan lima pilar," kata Anies.

Anies menyebutkan pilar pertama ialah pertahanan yang adaptif atau mampu mengikuti perkembangan dan tantangan global.

BACA JUGA:Format Debat Cawapres Dihilangan, TPN Ganjar-Mahfud Sebut Akal-akalan KPU

Menurut mantan rektor Universitas Paramadina itu, Indonesia harus mampu memiliki angkatan bersenjata, baik di laut, darat, dan udara, yang siap menjaga laut dan kepulauan di Indonesia.

Kemudian, lanjutnya, sistem siber untuk melindungi masyarakat secara digital juga harus diperkuat, sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh warga negara Indonesia.

Pilar kedua adalah ekonomi maju yang berkeadilan. Pilar itu mengedepankan bahwa negara kuat terlahir dari ekonomi dan rakyat yang makmur dan sejahtera. 

Oleh karena itu, kata Anies, Pemerintah harus membuat kesepakatan perdagangan yang bebas tetapi berkeadilan.

Pilar kedua itu bisa terwujud dengan pembangunan infrastruktur digital yang merata, penciptaan aturan inklusif, demokratis, dan terakhir harus ada perlindungan terhadap kekayaan intelektual.

BACA JUGA:Ini Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres 2023 dari KPU

Pilar ketiga yaitu menyangkut tentang lingkungan yang lestari.

Pilar tersebut harus mendorong Indonesia memiliki daya tawar di dunia yang mencakup beberapa poin, seperti akselerasi transisi energi berkeadilan, optimalisasi instrumen untuk nilai ekonomi dari karbon, serta aktif dalam forum global terkait dengan lingkungan hidup.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: