Fakta Doa Ayat 1000 Dinar, Benarkah Bisa Jadi Kaya Raya Jika Diamalkan?

Fakta Doa Ayat 1000 Dinar, Benarkah Bisa Jadi Kaya Raya Jika Diamalkan?

Ayat Seribu Dinar, Doa Pembuka Rezeki, Image: Thirdman / Pexels--

FIN.CO.ID- Ada salah satu Surah dalan Alquran yang ayatnya disebut oleh sebagian umat islam sebagai ayat seribu dinar. Konon, ayat ini ketika dibaca, akan mendapatkan banyak harta kekayaan. Hingga diberi nama ayat 1000 dinar. Benarkah? 

Ayat seribu dinar yang dimaksud yakni ayat 2 sampai 3 dari surah Ath Tholaq. Ayat ini berbunyi begini: 

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا (2) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا (3)

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath Tholaq: 2-3)

BACA JUGA:


Ayat Seribu Dinar, Doa Pembuka Rezeki, Image Thirdman Pexels, Image Thirdman Pexels--

Lalu benarkan ayat itu adalah ayat 1000 dinar? Sebenarnya dalam ayat itu tidak disebutkan bahwa siapa yang membacanya 1000 kali, maka akan mendapatkan pesugihan, cepat kaya atau mendapatkan kelapangan rezeki. Begitu pun tidak tersurat akan mendapatkan 1000 dinar.

Ayat 1000 dinar ini sering diamalkan tanpa petunjuk dan dalil. Misalnya, baca surat Al-Fatihah pada malam pertama dari tiap-tiap bulan kalender Hijriyah sebanyak 1000 kali dan membaca surat Al Maidah ayat 114. Lalu baca ayat 1000 dinar yang disebut di atas sebanyak 21 kali. Kemudian dilanjutkan dengan membaca asma Allah.

Lalu setiap harinya dilanjutkan dengan membaca ayat 1000 dinar yaitu surat Ath Thalaq ayat 2-3 sebanyak 1000 kali dalam sehari. 

Setelah pembacaan tadi, diperintahkan membaca doa sesuai dengan hajat yang diminta.

Dilansir dari Rumaysho, bahwa Surah Ath Thalaq ayat 2-3 ini dinamakan ayat seribu dinar tanpa petunjuk dan dalil syari. Sehingga ini penamaan dan amalan yang hanya diada-adakan. 

BACA JUGA:

"Padahal penamaan ayat atau penyebutan surat dalam Al Qur’an jelas ada petunjuk dari Rasul atau para ulama" kata Ustad Muhammad Abduh Tuasikal. 

"Sedangkan apa yang disebutkan dengan ayat 1000 dinar, hanya penyebutan orang masa kini tanpa ada petunjuk dari wahyu" sambungnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: