Satu Orang di Bekasi Positif Cacar Monyet, Ini Pesan Dinkes Kota Bekasi Untuk Warga Agar Tidak Tertular

Satu Orang di Bekasi Positif Cacar Monyet, Ini Pesan Dinkes Kota Bekasi Untuk Warga Agar Tidak Tertular

Ilustrasi cacar monyet.-Istimewa-health.ucdavis.edu

BEKASI, FIN.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi telah mengkonfirmasi, 1 orang positif cacar monyet dan kini tengah diisolasi di rumah sakit.

Kepala Dinkes Kota Bekasi, Tanti Rohilawati mengungkapkan, penyakit cacar monyet atau (Mpox) disebabkan virus dan bersifat ringan dari infeksi sampai timbulnya gejala.

"Cacar monyet (mpox) biasanya 6–13 hari, tetapi dapat berkisar dari 5 – 21 hari, penularan kepada manusia terjadi melalui kontak langsung dengan orang ataupu hewan yang terinfeksi," ungkap Tanti Rohilawati dalam keterangan resminya yang dikutip, Jumat 17 November 2023.

Menurutnya seseorang yang bersentuhan dengan benda terkontaminasi virus, dapat tertular penyakit cacar monyet dan harus menjalani isolasi.

BACA JUGA :

"Masa infeksi dapat dibagi ke dalam 2 fase, fase akut atau prodromal berupa demam, sakit kepala hebat, fase 2 berupa munculnya ruam atau lesi pada kulit. Lesi kenyal, dalam, berbatas tegas, dan sering mengalami umbilikasi," jelasnya.

Kepala Dinkes Kota Bekasi tersebut menghimbau kepada masyarakat, untuk menghindari kontak langsung dengan hewan yang diduga dapat menularkan.

"Hindari kontak langsung, atau provokasi terhadap hewan penular mpox, yang diduga terinfeksi mpox seperti hewan pengerat, marsupial, primata non-manusia (mati atau hidup)," ucapnya.

Tanti Rohilawati menyampaikan ke masyarakat Kota Bekasi, untuk menghindari mengkonsumsi makanan berbahan daging hewan liar atau hasil perburuan liar.

BACA JUGA :

Saat memasak daging, masyarakat diminta untuk mengolah dan memasak daging dengan benar serta matang untuk menjaga penularan.

Sebelumnya Dinkes Kota Bekasi mengkonfirmasi 8 kasus suspek cacar monyet dan 1 diantaranya positif dan tengah menjalani isolasi di rumah sakit.

8 kasus suspek cacar monyet didasari hasil pemeriksaan laboratorium, yang menunjukkan 3 pasien terkonfirmasi bergejala dan hasil positif.

Selain itu, terdapat dua orang lainnya yang telah dinyatakan positif cacar monyet namun kini menjalani isolasi di luar wilayah Kota Bekasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: