Pertama di Dunia, Indonesia Cetak Al Quran dalam Bahasa Isyarat

Pertama di Dunia, Indonesia Cetak Al Quran dalam Bahasa Isyarat

Al Quran dalam bahasa isyarat--app kemenag

FIN.CO.ID - Pertama di dunia, Al Quran dalam bahasa isyarat akan ada di Indonesia. 

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama akan mencetak mushaf Al Quran bahasa isyarat dalam waktu dekat.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan mushaf Al Quran berbahasa isyarat saat ini telah diselesaikan penyusunannya. Ini akan menjadi Al Quran pertama di dunia yang menggunakan bahasa Isyarat.

"Alhamdulillah, proses penyusunan mushaf Al Quran isyarat sudah selesai dan akan segera kita cetak. Ini akan menjadi mushaf Al Quran Bahasa Isyarat pertama di Indonesia, bahkan dunia," katanya dalam keterangannya dikutip, Rabu, 15 November 2023.

Dikatakannya kehadiran mushaf Al Quran bahasa isyarat ini menjadi upaya Kemenag dalam memperluas akses layanan publik yang ramah disabilitas.

BACA JUGA:

Ia berharap kehadiran mushaf Al Quran bahasa isyarat ini dapat memudahkan akses masyarakat disabilitas terhadap kitab suci.

"Ini yang selama ini juga menjadi arahan dari Presiden Joko Widodo agar layanan pemerintahan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kemenag Abdul Aziz Sidqi mengatakan, mushaf Al Quran isyarat telah hadir dalam format digital dan dapat diakses melalui aplikasi Pusaka Superapps.

Saat ini, pihaknya sedang melakukan proses cetak mushaf Al Quran isyarat dan rencananya terbit pada akhir 2023. "Kita siapkan versi cetaknya. Insya Allah akan selesai pada akhir 2023 ini," katanya.

BACA JUGA:

Aziz mengaku pihaknya telah melakukan kajian. Hasilnya, belum ada cetakan mushaf Al Quran bahasa isyarat di manapun.

"Setelah kami lakukan semacam kajian, ini adalah mushaf Al Quran Isyarat pertama 30 juz yang ada di dunia," katanya.

Menurut Aziz, mushaf Al Quran Isyarat diperkirakan memiliki halaman lebih tebal dari mushaf pada umumnya. Pasalnya, mushaf Al Quran isyarat memuat tidak hanya teks Al Quran semata, tetapi juga akan memuat font isyaratnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: