Suhartoyo Resmi Dilantik sebagai Ketua MK Gantikan Anwar Usman

Suhartoyo Resmi Dilantik sebagai Ketua MK Gantikan Anwar Usman

Ketua MK Suhartoyo-M Risyal Hidayat-ANTARA

FIN.CO.ID- Hakim konstitusi Suhartoyo resmi dilantik menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) masa jabatan 2023-2028 pada Senin 13 November 2023. 

Suhartoyo dilantik menggantikan Anwar Usman yang dicopot dari jabatannya karena melanggar kode etik dalam memutuskan perkara nomor 90 terkait batas usia capres cawapres. Suhartoyo dilantik di depan delapan Hakim Konstitusi pagi ini.

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Ketua Mahkamah Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ujar Suhartoyo saat mengucapkan sumpah jabatan di Ruang Sidang Pleno Gedung I MK, Jakarta. 

BACA JUGA:


Ilustrasi Ketua MK Anwar Usman diberhentikan dari jabatannya.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway--

Sebelumnya, Suhartoyo dipilih sebagai Ketua MK berdasarkan hasil musyawarah mufakat dalam rapat pleno hakim secara tertutup pada Kamis 9 November 2023.  Sementara poisis Wakil Ketua MK tidak berubah, yakni masih Hakim Saldi Isra.

Pelantikan Ketua MK ini sebagai tindak lanjut dari putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK yang mencopot Anwar Usman dari jbatan Ketua MK setelah melanggar kode etik.

BACA JUGA:

Anwar dinilai melakukan pelanggaran etik berat. Ia dianggap terlibat benturan kepentingan dalam memutus perkara syarat usia minimal capres-cawapres.

Putusan batas usia capres-cawapres dianggap untuk meloloskan Gibran Rakabuming Raka untuk maju sebagai Calon Wakil Presiden mendampingi Prabowo Subianto sebagai capres dalam Pilpres 2024.  

Profil Suhatoyo

Sebelum menjadi Ketua MK, Surhatoyo merupakan Hakim Konstitusi yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 17 Januari 2015 menggantikan Ahmad Fadlil Sumadi. 

Dilansir dari laman Mahkamah Konstitusi (MK), Suhartoyo merupakan Hakim Konstitusi yang berasal dari keluarga sederhana.

Bahkan Suhartoyo mengaku tidak pernah terlintas dalam pikirannya menjadi seorang penegak hukum. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: