Hujan Deras di Bekasi Sebabkan Sampah Terbawa Arus Air dan Menumpuk di Aliran Kali Jambe

Hujan Deras di Bekasi Sebabkan Sampah Terbawa Arus Air dan Menumpuk di Aliran Kali Jambe

Petugas melakukan pembersihan di aliran Kali Jambe, Kecamatan Tambun, Kabupaten Bekasi -Dokumen Istimewa-

BEKASI, FIN.CO.ID - Hujan deras menyebabkan aliran Kali Jambe di belakang Rest Area Km 19 tol Jakarta - Cikampek, Kecamatan Tambun Selatan, tersumbat ratusan ton sampah.

Kepala UPTD Persampahan wilayah II Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Sumardi mengungkapkan, sampah menumpuk di Kali Jambe beberapa hari terakhir.

"Ini dampaknya karena terbawa arus, ratusan ton (sampah) yang menumpuk," ungkap Sumardi, Senin 6 November 2023.

Menurutnya, tumpukan sampah di aliran Kali Jambe didominasi oleh plastik dan sampah rumah tangga yang terbawa arus air saat hujan deras.

BACA JUGA :

Guna mengantisipasi banjir akibat tumpukan sampah, pihaknya langsung melakukan pembersihan dengan alat berat sejak Sabtu 4 November 2023 lalu.

"Selain alat berat, kita menyiapkan lebih dari belasan truk pengangkut sampah yang digunakan mengangkut sampah ke TPA Burangkeng," jelasnya.

Banyaknya tumpukan sampah plastik dan limbah rumah tangga yang mencapai 100 ton, berpotensi menimbulkan pendangkalan aliran Kali Jambe Bekasi.

Sumardi mengatakan, apabila tidak langsung dilakukan pengerukan, aliran Kali Jambe dapat meluap dan menyebabkan banjir meluas ke pemukiman warga.

BACA JUGA :

"Dampaknya bisa jadi banjir jalan tol dan rumah-rumah warga, maka kami bersihkan sebelum musim penghujan nanti," kata Sumardi.

Pihaknya akan fokus melakukan pengerukan sampah, guna mengantisipasi musim hujan yang diprediksi akan segera terjadi dalam waktu dekat.

"Jadi kita lakukan. pembersihan sebagai antisipasi mengahadapi musim hujan yang diprediksi sebentar lagi," ucapnya.

Ia pun menghimbau kepada seluruh masyarakat, untuk tidak membuang sampah ke seluruh aliran kali, karena dapat menyebabkan penumpukan dan pendangkalan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: