Korban Tewas Gempa Nepal 6,4 SR Capai 157 Orang

Korban Tewas Gempa Nepal 6,4 SR Capai 157 Orang

Rumah-rumah dari tanah dan bata hancur akibat gempa. (Reuters: Nepal Army)--

FIN.CO.ID- Sebanyak 157 orang dilaporkan tewas akibat gempa dengan kekuatan 6,4 skala Richer di Nepal pada Jumat malam atau Sabtu 4 November 2023 WIB. 

Gempa tersebut terjadi di wilayah jajarkot di sebelah barat negara Himalaya. 

Gempa tersebut menyebabkan sejumlah bangunan ambruk. Petugas penyelamat di Nepal mulai menggali puing-puing bangunan yang runtuh dengan tangan koson sesaat setelah gempa terjadi. 

Para pejabat khawatir, jumlah korban tewas akan bertambah. 

BACA JUGA:

“Jumlah korban luka bisa mencapai ratusan dan jumlah kematian juga bisa meningkat,” kata pejabat distrik Jajarkot Harish Chandra Sharma kepada Reuters melalui telepon, dikuti di Jakarta, Minggu 5 November 2023.

Meskipun kekuatan gempanya tidak parah, kerusakan dan jumlah korban jiwa cukup tinggi karena buruknya kualitas konstruksi di daerah tersebut. 


Gempa Nepal 2015--

"Dan karena gempa terjadi ketika orang-orang sedang tidur," kata para pejabat tersebut. 

Pekerjaan penyelamatan diperkirakan akan lambat karena tim darurat harus terlebih dahulu membersihkan jalan-jalan yang ditutup oleh tanah longsor dan reruntuhan. 

Korban tewas termasuk 105 orang tewas di Jajarkot dan 52 orang di distrik tetangga Rukum West, keduanya di provinsi Karnali. 

BACA JUGA:

Pusat gempa berada di Desa Ramidanda. Pusat Seismologi Nasional mengatakan 175 gempa susulan tercatat di Jajarkot dan enam di antaranya berkekuatan 4 skala Richter atau lebih tinggi.

Tiga kota dan tiga desa diketahui terkena dampak di Jajarkot, yang berpenduduk 190.000 jiwa dan desa-desa tersebar di perbukitan terpencil. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: