Waspada Kasus Cacar Monyet Bisa Menular Melalui Ini

Waspada Kasus Cacar Monyet Bisa Menular Melalui Ini

Ilustrasi- Cacar monyet (monkeypox) memiliki gejala seperti flu dan mirip cacar air--

FIN.CO.ID- Kasus cacar monyet atau monkeypox di Indonesia, terus alamai kenaikan. Tercatat, saat ini terdapat 29 kasus terkonfirmasi cacar monyet di Tanah Air.

Ketua Pencegahan Infeksi dan Kontrol Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Ari Prayitno mengatakan, penyakit inu bisa menular antar manusia melalui droplet atau percikan ludah jarak dekat kurang dari dua meter atau kontak mulut langsung.

"Tentu droplet masih dipengaruhi oleh gravitasi sehingga jarak mempengaruhi," kata Ari dalam webinar mengenai cacar monyet di Jakarta, Kamis 2 November 2023.

BACA JUGA:

Ia menekankan penularan cacar monyet tidak bersifat airborne atau melalui partikel kecil di udara.

Oleh karena itu, gravitasi turut mempengaruhi potensi penularan cacar monyet, berbeda apabila penyakit tersebut dapat menular secara airborne yang tidak terpengaruh gravitasi dan partikel kecilnya bisa menjangkau jarak lebih dari dua meter.

"Maka kalo droplet di bawah dua meter risiko tetap ada," ujarnya.

Ia menambahkan penularan mpox dari hewan ke manusia biasanya terjadi melalui luka, gigitan, cakaran atau kontak erat dengan monyet atau seseorang yang mengkonsumsi daging monyet seperti orang-orang di Afrika.

BACA JUGA:


Meningkatnya Kasus Cacar Monyet Di Jakarta, Inilah Gejala Serta Penyebab Dan Cara Mengatasinya--Foto : Instagram.com/@perdoski.id

Ari menjelaskan perawatan seseorang yang terinfeksi cacar monyet dapat dilihat risiko dan komplikasi gejala yang timbul. Untuk cacar monyet dengan gejala ringan maka cukup lakukan isolasi mandiri.

Untuk isolasi mandiri harus terdapat standar pencegahan dan pengendalian infeksi, adapun hal tersebut terbagi menjadi kewaspadaan standar dan kewaspadaan berbasis isolasi dalam hal ini kontak dan droplet.

"Untuk gejala ringan dari cacar monyet cukup lakukan isolasi mandiri dan bisa dirawat di tempat tinggal namun harus terpisah dari orang lain seperti di rumah sakit," kata dia.

Untuk isolasi mandiri utamanya harus berada pada ruangan terpisah dari orang lain yang berada di tempat tinggal, hindari penggunaan handuk mandi, pakaian dan alat makan bersamaan dengan orang lain.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: