Warga Tangerang Diimbau Waspadai Penyakit Cacar Monyet

Warga Tangerang Diimbau Waspadai Penyakit Cacar Monyet

Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman-- Rikhi Ferdian Untuk FIN

 

FIN.CO.ID -- Kasus cacar monyet atau Monkeypox tengah diantisipasi penyebarannya oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang usai ditemukan di wilayah DKI Jakarta.

Diketahui, sebanyak 17 warga Jakarta dinyatakan positif menderita cacar monyet dalam beberapa waktu terakhir.

Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman menyebutkan pihaknya secara masif melakukan sosialisasi dan edukasi tentang bahaya penyakit Mpox atau Monkeypox melalui Puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan se-Kota Tangerang dan rumah sakit.

"Upaya tersebut dilakukan oleh Pemkot Tangerang untuk meminimalisir penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus Mpox. Supaya masyarakat juga bisa tahu dan akhirnya waspada dari penularan penyakit," ujarnya, Senin 30 Oktober 2023.

Dikatakan Herman, Dinas Kesehatan Kota Tangerang juga sudah menyiapkan vaksin sebagai langkah antisipatif bagi kelompok rentan yang mengalami kontak erat dengan pengidap cacar monyet, atau orang dengan human immunodeficiency virus (HIV).

"Vaksinnya sudah tersedia namun dalam jumlah terbatas, dan itu diprioritaskan untuk yang kontak erat. Jadi kita sudah mengambil langkah-langkah antisipasi sesuai kebutuhan kesehatan lainnya," tukasnya.

Meski begitu ia menambahkan, untuk di Kota Tangerang dipastikan belum ada atau nihil warga yang terdeteksi positif monkeypox atau cacar monyet.

Namun, masyarakat pun diimbau agar menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta menghindari perilaku seks berisiko.

"Masyarakat diimbau untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan perilaku seks beresiko," tandasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: