Begini Awal Mula Buah Semangka Jadi Simbol Perjuangan Rakyat Palestina Terhadap Penjajah Israel

Begini Awal Mula Buah Semangka Jadi Simbol Perjuangan Rakyat Palestina Terhadap Penjajah Israel

Buah semangka sebagai bentuk perlawanan rakyat Palesitna terhadap Israel--net

FIN.CO.ID- Foto buah semangka yang telah dibelah muncul secara online yang disebar netizen sebagai bentuk dukungan ke rakyat Pelestina yang saat ini sedang menghadapi genosida dari Yahudi Israel sejak 7 Oktober 2023. 

Buah semangka sejak lama telah menjadi simbol perjuangan rakyat Palestina menghadapi agresi penjajahan Isreal bartahun-tahun. 

Di wilayah pendudukan Palestina, semangka adalah simbol perlawanan. Alasannya, buah yang rasanya manis ini, warnahnya dinilai mirip dengan bendera Palestina. 

Dagingnya berwarnah merah, bijinya berwarnah hitam, dan kulitnya warah hijau. Kombinasi warnah tersebut mirip dengan warna bendera Palestina.

BACA JUGA:


Buah semangka simbol perjuangan rakyat Palestina atas penjajah Israel--

Buah semangka pertama kali menjadi simbol perjuangan rakyat Palestina yakni terjadi pada tahun 1967 di mana terjadi sebuah perangn yang disebut dengan nama Perang Enam Hari.

Setelah perang tahun 1967, ketika Israel menguasai Tepi Barat, Jalur Gaza dan mencaplok Yerusalem Timur, pemerintah melarang bendera Palestina di wilayah pendudukan.

Setiap pengibaran bendera Palestina, mulai dari publikasi hingga iklan dan bahkan foto-foto lama, bakal mendapatkan hukuman penjara atau lebih buruk lagi.

Tak patah arang, warga Palestina tetap menunjukan rasa nasionalisme mereka secara sembunyi-sembunyi. Salah satunya, mereka populerkan buah semangka berupa lukisan, mural dan karya seni lainnya dengan menampilkan buah semangka yang terbelah di tempat-tempat umum.

BACA JUGA:

Selama beberapa dekade itu, buah semangka Palestina menjadi ekspresi publik atas kebanggaan budaya terhadap karya seni yang mewakili perjuangan melawan apartheid Israel. 

Buah semangka tumbuh di seluruh Palestina, dari Jenin hingga Gaza. Tak heran jika buah ini populre di warga Gaza untuk digunakan memprotes penindasan Israel terhadap bendera dan identitas Palestina.

Semangka muncul dalam karya seni, kemeja, grafiti, poster, dan tentu saja emoji semangka yang ada di mana-mana di media sosial.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: