4 Turis Prancis Masuk Islam di Aceh, Mulai Mengenal Islam Sejak 1996 Silam saat Wisata

4 Turis Prancis Masuk Islam di Aceh, Mulai Mengenal Islam Sejak 1996 Silam saat Wisata

Empat warga kebangsaan Prancis (tengah) resmi memeluk agama Islam setelah mengikrarkan syahadat di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat(27/10/2023). --

FIN.CO.ID - Empat turis berkewarganegaraan Prancis resmi memeluk Islam dan menjadi mualaf setelah mengucapkan dua kalimat syahadat di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh. 

Bukan tanpa sebab empat warga Prancis yang merupakan turis tersebut masuk Islam. Ternyata, mereka sudah sering berlibur ke Aceh untuk berselancar sejak tahun 1996. 

Kasi Kemakmuran Masjid Raya Baiturrahman Teungku Iskandar HS mengatakan, keempat turis tersebut masuk Islam tanpa paksaan.

"Keempat warga dari negara Kota Mode tersebut, masuk Islam dengan kesadaran sendiri tanpa paksaan," kata Teungku Iskandar di Banda Aceh, Jumat 27 Oktober 2023.

Teungku Iskandar menyampaikan bahwa keempat warga negara Prancis tersebut sudah lama menetap di Aceh, mereka semua berkeluarga dan juga berteman.

Setelah resmi masuk Islam, nama keempat mualaf dari negara asing itu juga berganti dengan Islam. 

BACA JUGA:

Yang pertama, David Lobre (49) berganti nama menjadi Daud Akbar, Estelle Bennedicte Fonte (42) menjadi Balqis Lobre, kemudian Lilou Lobre (10) berganti nama Farah Lobre, sedangkan Menaut (54) berganti menjadi Mahmud Ahmad.

"Mereka akan memiliki nama yang lebih cocok, dan secara administrasi sedang dalam proses," ujarnya.

Sebagai informasi, empat turis tersebut sebelum tsunami bertandang ke Aceh untuk berselancar, dan telah disyahadatkan dulunya pada Selasa (24/10) oleh Pengelola Pantai Wisata Pantai Aceh Besar T Ayatullah Bani Baet di Pantai Mon Ikeun.

"Sudah disyahadatkan juga di Desa Mon Ikeun, lalu kami bawa ke Masjid Raya Baiturrahman untuk dapat sertifikasi dan disyahadatkan ulang," kata Teungku Iskandar.

Sementara itu, Pengelola Pantai Wisata Aceh Besar, Bani Baet menuturkan bahwa turis asal Prancis itu sudah sering bolak balik ke Aceh sejak tahun 1996 untuk berselancar di kawasan Pantai Babah Kuala. 

Proses mengenal Islam pun berlangsung selama mereka berwisata.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: