Bakal Jadi Kepala BIN, Jenderal Dudung Ngaku Siap Jalankan Tugas Baru: Tegak Lurus Pada Presiden

Bakal Jadi Kepala BIN, Jenderal Dudung Ngaku Siap Jalankan Tugas Baru: Tegak Lurus Pada Presiden

KSAD Jenderal Dudung Abdurachman Jadi Kepala BIN-fin/diolah-

FIN.CO.ID - Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dirumorkan bakal menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Budi Gunawan.

Menanggapi kabar tersebut, Jenderal Dudung membuka diri untuk menjalankan tugas baru jika diberikan amanah atau diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jenderal TNI Dudung mengaku hingga saat ini belum mendapat penugasan baru dari Presiden Jokowi setelah selesai menjelankan tugas sebagai KSAD.

Terkait kabar akan dirinya akan dijadikan Kepala BIN, Jenderal Dudung mengatakan belum pernah ada diskusi soal itu antara dirinya dengan Presiden Jokowi.

BACA JUGA:

"Belum tahu saya juga, belum, belum," ucapnya saat akan menghadiri pelantikan KSAD Jenderal Agus Subiyanto di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 25 Oktober 2023.

Dikatakannya belum ada rencana kegiatan setelah pensiun. Dia akan menyelesaikan masa bakti di TNI pada akhir November.

Meski demikian dirinya membuka diri terhadap kemungkinan mendapat jabatan atau tugas baru. Dia menyerahkan sepenuhnya ke Presiden Jokowi.

"Saya tegak lurus kepada Bapak Presiden," tegasnya.

BACA JUGA:

Isu Dudung menjadi kepala BIN pengganti Budi Gunawan beredar jelang reshuffle kabinet. Isu itu berbarengan dengan hampir habisnya masa bakti Dudung di TNI.

Dudung telah berkarier di TNI sejak lulus dari Akademi Militer pada 1988. Dia pernah menduduki sejumlah posisi penting di Angkatan Darat, seperti Pangdam Jaya.

Dia sempat menjadi kandidat panglima TNI pada akhir 2022. Namun, Jokowi memilih Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono sebagai panglima.

Sementara itu, jabatan kepala BIN masih dipegang oleh Budi Gunawan. Mantan Wakil Kapolri itu memimpin lembaga intelijen nasional sejak periode pertama Jokowi, tepatnya pada 2016.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: