Polda Metro Periksa Firli Bahuri Hari Ini Terkait Pemerasan, Eks Penyidik KPK Harap Tidak Mangkir

Polda Metro Periksa Firli Bahuri Hari Ini Terkait Pemerasan, Eks Penyidik KPK Harap Tidak Mangkir

Ketua KPK Firli Bahuri-ist-net

FIN.CO.ID- Polda Metro Jaya menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri hari ini, Jumat 20 Oktober 2023 

Firli Bahuri akan diperiksa terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. 

Eks Penyidik KPK Yudi Purnomo berharap agar Firli bisa hadir untuk jalani pemeriksaan. 

Menurut Yudi, Firli Bahuri yang menjabat sebagai pimpinan lembaga penegak hukum hendaknya menjadi teladan dengan memenuhi panggilan tersebut.

BACA JUGA:


Ketua KPK Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo-fin-diolah-

"Sebagai orang yang bekerja di lembaga penegak hukum, yaitu KPK, Firli tentu harus menjadi teladan dengan menghadiri panggilan tersebut dan tidak mangkir dengan alasan apa pun," kata Yudi di Jakarta, Kamis 19 Oktober 2023.

Mantan Ketua Wadah Pegawai KPK itu mengatakan kedatangan Firli tentunya akan melancarkan penyidikan yang sedang dilakukan Polda Metro Jaya.

Keterangan Firli dianggap penting dalam proses penyidik dugaan pemerasan yang dilakukan oleh Pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Banyak hal yang tentunya kan dikonfirmasi ke Firli Bahuri berdasarkan bukti apa pun keterangan saksi yang telah dikumpulkan penyidik," ujar Yudi yang kini bertugas sebagai anggota Satgas Pencegahan Korupsi Polri.

BACA JUGA:

Menurut dia, hal-hal yang akan dikonfirmasi oleh Polda Metro Jaya kepada Firli adalah berdasarkan barang bukti dan saksi-saksi yang telah penyidik periksa dan kumpulkan.

"Termasuk pertanyaan-pertanyaan materil terkait pertemuan, alasan bertemu, berapa kali, mengapa bertemu dan apa yang dibicarakan," tutur Yudi yang juga penggiat antikorupsi.

Pentingnya kehadiran Firli pada pemeriksaan itu, Yudi berharap Firli jujur dalam menjawab pertanyaan dari penyidik.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: