Jokowi Bilang Harga BBM Pertalite dan Pertamax akan Naik Akibat Perang Palestina Israel

Jokowi Bilang Harga BBM Pertalite dan Pertamax akan Naik Akibat Perang Palestina Israel

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan usai meninjau Pasar Brahrang, Binjai, Sumatra Utara, Jumat (25/8/2023).--

FIN.CO.ID- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti bakal ada kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis petamax dan pertalite akibat perang Palestina dan Israel yang sedang terjadi. 

Jokowi mengatakan, setelah krisis pangan yang dipicu perang Rusia dan Ukraina, perang Israel dan Palestina juga berpotensi menyebabkan krisis energi. 

"Harga pangan jadi naik gara-gara perang di Ukraina. Ini nanti harga energi bisa naik karena perang Palestina dan Israel. Harga energi itu artinya bensin, pertamax, pertalite. Saya tidak ingin menakut-nakuti, tetapi itu bisa terjadi karena kalau perang tidak berakhir pasti harga BBM global akan naik," tutur Jokowi dalam acara Rakernas Projo dk kawasan GBK Jakarta Sabtu 14 Oktober 2023.

"Jangan dipikir perang seperti itu tidak mempengaruhi kita, justru sangat mempengaruhi," kata Jokowi. 

BACA JUGA:

Presiden Jokowi menambahkan bahwa dunia juga menghadapi tantangan besar perubahan iklim yang dampaknya sudah nyata dirasakan oleh manusia di berbagai belahan dunia.

"Kemarin 3—4 bulan ini cuaca panas menyengat terjadi di seluruh dunia, termasuk kita yang kena dampak El Nino, bukan hanya cuaca panas, melainkan juga memengaruhi hasil produksi pangan kita," kata dia.

Jokowi memaparkan bahwa negara-negara pulau dan kepulauan kecil adalah yang paling rentan terdampak perubahan iklim.

"Pulau mereka banyak yang sudah tenggelam, jadi dampak (perubahan iklim) sudah mereka rasakan langsung. Ini yang juga harus kita sikapi, artinya nanti bukan hanya energi dan pangan yang bermasalah, melainkan karena perubahan iklim nanti pulau-pulau kecil yang ada juga bisa tenggelam karena naiknya permukaan air laut," tutur Jokowi.

Mengingat tantangan dunia yang makin banyak dan kompleks, Jokowi menegaskan bahwa pemimpin Indonesia selanjutnya harus memiliki visi taktis yang jelas, keberanian mengambil risiko, dan bernyali besar menghadapi tekanan negara lain.

BACA JUGA:

Jokowo Dinilai Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.


Projo resmi deklarasi dukungan ke Prabowo Subianto-ANTARA/Uyu Septiyati Liman-

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menilai Presiden Jokowi mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Airlanga mengatakan sosok bakal calon presiden yang disebut Presiden Joko Widodo tidak hadir dalam Rapat Kerja Nasional Projo sudah sangat jelas mengarah ke Prabowo Subianto. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: