TikTok Shop Dilarang di Indonesia, Ini 8 Aplikasi Jualan Online yang Bikin Laris Manis Dagangan

TikTok Shop Dilarang di Indonesia, Ini 8 Aplikasi Jualan Online yang Bikin Laris Manis Dagangan

Illustrasi TikTok Shope--facebook

Aplikasi Jualan Online - Berikut ini akan membagikan daftar 8 aplikasi jualan online usai TikTok shop dilarang di Indonesia.

Pemeritah resmi melarang perdagangan secara online melalui fitur TikTok shop lantaran mengancam pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Laranganya ada TikTok shop berdasarkan revisi Permendag Nomor 50 tahun 2020 tentang ketentua Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Zulkifli Hasan selaku Menteri Perdagangan menyampaikan jika media sosial hanya boleh sebatas mempromosikan.

"Media sosial itu hanya boleh memfasilitasu promosi barang dan jasa, tidak boleh transaksi lanngsung dan bayar langsung. Nggak boleh lagi. Dia hanya boleh promosi. Dia semacam platform digital, tugasnya hanya promosikan," ucap Zulkifli Hasan di Kompleks Istana Presidenan, Jakarta Pusat, pada Senin 25 September 2023.

BACA JUGA:

Lanjutnya, Layanan media sosial tidak boleh digabungkan dengan fasilitas perdagangan macam e-commerce. Hal ini dilarang demi melakukan pencegahan penggunaan data pribadi.

"Tidak ada sosial media makan dia ini harus dipisah, tidak semua algoritma dikuasai, ini mencegah penggunaan data pribadi untuk kepentingan bisnis," ungkapnya.

Dengan adanya aplikasi jualan online seperti TikTokp shop memberikan pengalaman berbelanja yang lebih terintegrasi dan interaktif.

Namun, dilarangnya ketersediaan TikTop shop terdapat empat aplikasi jualan online alternative yang bisa kalian lakukan.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi jualan online populer yang dapat digunakan.

BACA JUGA:

8 Aplikasi Jualan Online 

Tokopedia


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: