Teknologi

Pebisnis Wajib Tahu! WhatsApp Business Mirip e-Commerce, Bisa Pesan Makanan, Beli Tiket Sampai Pilih Kursi

WhatsApp Business - Pelaku bisnis kini tak perlu repot jika berurusan dengan customer. Cukup pakai WhatsApp Business atau WhatsApp Bisnis (WA Bisnis). Melalui fitur bernama Flows, pebisnis dapat menawarkan lebih banyak layanan. 

Seperti layanan memesan makanan atau minuman, membeli produk fashion, membeli tiket pesawat, tiket kereta sekaligus memilih kursi atau tempat duduk serta transaksi jual beli lainnya. Semua itu dapat dilakukan langsung dari chat WhatsApp (WA).

Melalui WhatsApp Business, pelaku bisnis juga dapat menawarkan layanan beragam. Tersedia pula formulir untuk berbagai kebutuhan. 

Pebisnis kuliner misalnya. Mereka bisa menampilkan katalog menu agar bisa dilihat oleh customer. Termasuk fitur janji ketemu dengan pelanggan. 

Selanjutnya, pilihan menu tersebut ditaruh ke keranjang belanja. Kuantitasnya juga bisa diatur sendiri. Mau pesan 1, 2 atau 3 bebas. 

Caranya sama seperti pesan makanan di aplikasi pesan antar makanan. Bedanya, semua bisa dilakukan langsung di chat WA. Untuk harga sudah tertera secara otomatis. 

BACA JUGA:


WhatsApp Business Mirip e-commerce-fin/WhatsApp-

Begitu juga dengan pebisnis travel. Disediakan formulir untuk pemesanan tiket. Baik pesawat maupun kereta. Lengkap dengan lokasi keberangkatan dan tujuan, tanggal keberangkatan dan kepulangan, hingga memilih kursi. 

Fungsi WhatsApp Business sudah nyaris sama dengan e-commerce atau marketplace yang sudah ada selama ini. 

Fitur Flows diluncurkan khusus buat pelaku bisnis di seluruh dunia yang menggunakan Platform WhatsApp Business dalam beberapa minggu ke depan. 

WhatsApp Flows adalah fitur yang memungkinkan bisnis menyediakan layanan dengan lancar saat berinteraksi dengan customer atau pelanggan. 

Dengan layanan ini, customer dapat melakukan beberapa tindakan tanpa harus menutup aplikasi chatting WhatsApp. Seperti:

  • Membuat janji pertemuan
  • Masuk ke dalam akun 
  • Mengustomisasi produk yang diminati
  • Mengisi dan mengirimkan formulir
  • Mendaftar ke acara dan promosi

Fitur baru Flows WhatsApp Business ini diluncurkan di Mumbai, India, pada Rabu 20 September 2023 lalu. 

Flows WhatsApp Business diharapkan bisa membantu mempercepat banyak hal dalam bidang bisnis.

WhatsApp Business dan Verifikasi Meta

Seperti dilansir dari TechCrunch  pada Selasa 26 September 2023, Vice President of Product Management for Business Messaging Meta, Nikila Srinivasan menyebut Flows WhatsApp Business memiliki pengaruh besar dalam menjalankan bisnis.

Menurutnya, banyak orang menggunakan WhatsApp dan membicarakan bisnis saat chatting. Termasuk di Indonesia yang karakteristik masyarakatnya gemar berbisnis. 

Nikila Srinivasan menyebut, di Indonesia terdapat sekitar 87 persen pengguna yang membicarakan bisnis saat chatting menggunakan WhatsApp untuk membicarakan bisnis. 

Pelaku bisnis dapat mendaftar akun WhatsApp Business dan menerima verifikasi dari Meta. Ini penting agar bisa membantu mengetahui bahwa pebisnis sedang chatting dengan bisnis yang tepat.

Untuk mendapatkan Verifikasi Meta, pebisnis dapat menunjukkan keautentikannya kepada Meta. Selanjutnya, akan memperoleh lencana terverifikasi. Termasuk perlindungan dari peniruan dan dukungan akun yang ditingkatkan.

"Verifikasi Meta akan hadir dengan fitur premium tambahan yang mencakup kemampuan untuk membuat halaman WhatsApp khusus," imbuh Nikila Srinivasan. 

Halaman ini nantinya dapat mudah ditemukan melalui pencarian web. Selain itu, ada dukungan multiperangkat agar karyawan juga dapat menanggapi chat dari customer.

Saat ini, lanjut Nikila Srinivasan, WhatsApp Business sedang melakukan ujicoba dengan bisnis. Seperti bank Brasil Banco Pan, pengecer MagaLu, Lenovo, layanan perjalanan RedBus India, Bank SBI di India, dan platform penjualan mobil Spinny.

BACA JUGA:

"Belanja dan e-commerce adalah salah satu sektor terbesar yang ingin difokuskan. Tujuannya adalah untuk memungkinkan pengiriman pesan bisnis sedemikian rupa. Sehingga bisnis dapat dilakukan langsung di ruang chatting WhatsApp. Nah, di situlah Flows berperan," papar Nikila Srinivasan. 

Meta, lanjut Nikila Srinivasan, tidak membebankan biaya kepada pelaku bisnis. Chatting dengan Flows akan disesuaikan dengan model pembayaran yang ada saat ini.

Dengan Flows WhatsApp Business, pelaku bisnis dapat mengirim pesan khusus kepada customer. Seperti promo diskon atau penawaran spesial tertentu.

Sekarang, WhatsApp Business membebankan biaya kepada pebisnis untuk percakapan interaksi dalam jangka waktu 24 jam. 

Dengan kategori berdasarkan pemasaran, utilitas, otentikasi, dan layanan. Misal, ada permintaan pelanggan untuk membuat janji bertemu, maka hal itu termasuk kategori utilitas.

Tak hanya itu, WhatsApp Business juga memperkenalkan mitra pembayaran baru. Untuk sementara ini khusus pelanggan di India.

WhatsApp Business memperkenalkan lebih banyak metode pembayaran. Dimana pelanggan dapat membayar melalui jaringan Antarmuka Pembayaran Terpadu berbasis UPI - WhatsApp Pay tanpa harus keluar dari aplikasi. 

Meta WhatsApp Business bekerja sama dengan gateway pembayaran Razorpay dan PayU. Sehingga pengguna bisa membayar melalui aplikasi UPI lain. Seperti debit dan kartu kredit.

Dukungan pembayaran ini, dinilai dapat meningkatkan pendapatan. Karena semakin banyak pengguna berbelanja melalui WhatsApp Business, maka kian menarik lebih banyak transaksi bisnis. 

Tidak menutup kemungkinan ke depan Platform WhatsApp Business juga akan merambah Indonesia dengan pilihan belanja yang bervariatif. 

Saat ini, WhatsApp Business menjadi sumber pendapatan penting bagi WhatsApp. Dimana WA tidak membebankan biaya langsung kepada pengguna melalui langganan. Selain itu, WhatsApp Business juga tidak berencana menayangkan iklan di ruang chatting.

BACA JUGA:


WhatsApp Business Mirip e-commerce-fin/WhatsApp-

Admin
Penulis